ABSTRAK
Olahraga adalah salah satu kebutuhan hidup manusia. Melalui olahraga manusia dapat mencapai kebugaran jasmani. Banyak cara untuk melakukan olahraga, baik dengan olahraga ringan sampai dengan olahraga yang berat. Dalam dunia pendidikan kegiatan olahraga dikenal dengan pendidikan jasmani.
Pendidikan Jasmani merupakan salah satu mata pelajaran yang terdapat pada pendidikan formal, mulai dari SD, SMP, SMA bahkan sampai Perguruan Tinggi. Dalam melaksanakan tugasnya guru PJOK diharapkan dapat memiliki kreatifitas untuk meningkatkan keterampilan siswa melalui pembelajaran yang aktif, kreatif dan menyenangkan, agar siswa lebih antusias untuk mengikuti pelajaran sehingga tujuan pendidikan jasmani dapat tercapai.
Namun pada kenyataannya pembelajaran sepak bola di sekolah kurang menarik dan inovatif sehingga siswa kurang antusias dalam mengikuti pembelajaran PJOK. Hal itu disebabkan terbatasnya kemampuan guru pendidikan jasmani dan terbatasnya sumber-sumber yang digunakan untuk mendukung terlaksananya proses pembelajaran. Kebanyakan guru pendidikan jasmani saat ini kurang kreatif dalam menggunakan media pembelajaran. Media pembelajaran yang digunakan guru dalam pembelajaran pendidikan jasmani cenderung masih tradisional dan monoton. Sehingga siswa kesulitan dalam menerima, memahami, dan mengaplikasikan materi yang diajarkan guru dengan baik.
Rumusan masalah dalam penelitan ini adalah apakah penggunaan media audio visual dapat meningkatkan kemampuan dribbling siswa kelas VIII E SMP Negeri 1 Sendang Tulungagung?.
Penelitian ini berbentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII E SMP Negeri 1 Sendang Tulungagung yang berjumlah 24 siswa. Instrument yang digunakan berupa lembar observasi tes dribbling sepakbola.
Prosedur pelaksanaan penelitian ini akan dilakukan secara bersiklus, jika siklus pertama belum berhasil maka dapat dilakukan siklus berikutnya hingga target ketuntasan dapat tercapai.
Dari hasil penelitian yang diterapkan pada siswa kelas VIII E SMP Negeri 1 Sendang disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan media audio visual dapat meningkatkan hasil belajar dribbling sepakbola siswa.
KATA KUNCI : Media Audio Visual, Dribbling Sepakbola
Andi C. Nugraha. 2016.Mahir Sepakbola.Bandung: Nuansa Cendekia
Arikunto Suharsimi. 2014. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rieneka Cipta.
Kodir Abdul. 2011. Stategi Belajar Mengajar. Bandung: CV PUSTAKA SETIA
Muharram, N. A. (2016). EVALUASI PROGRAM LATIHAN FISIK SEPAKBOLA MENGGUNAKAN METODE CIPP. EFEKTOR, 36-44.
Suherman Adang. 2000. Dasar-Dasar Penjaskes. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan
Tim Pengembang Ilmu Pendidikan. 2011. Ilmu dan Aplikasi Pendidikan. Bandung: PT. IMTIMA
Tim Penyusun. 2016. Panduan Penulisan Karya Tulis Ilmiah. Kediri: Universitas Nusantara PGRI Kediri