MENINGKATKAN KEMAMPUAN GERAK DASAR PASSING ATAS PADA PERMAINAN BOLAVOLI MELALUI METODE PEMBELAJARAN PENJELAJAHAN GERAK PADA SISWA KELAS V SD NU GURAH SEMESTER GASAL TAHUN AJARAN 2017-2018


Author (Penulis)

KHARIS TAUFIKU ROHMAN
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.09.0189

Abstract

ABSTRAK

 

Kharis Taufiku Rohman :Meningkatkan Kemampuan Gerak Dasar Passing Atas pada Permainan Bolavoli melalui Metode Pembelajaran Penjelajahan Gerak Siswa Kelas V Semester Gasal Tahun Ajaran 2017 - 2018 SD NU Gurah, Skripsi, PENJASKESREK, FKIP, UN PGRI Kediri 2018..

Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa pembelajaran PENJASKESREK di SD masih di dominasi oleh aktifitas klasikal dengan dominasi pada peran guru.Akibatnya suasana kelas pasif, monoton dan membosankan.Hal tersebut nampak dari motivasi belajar siswa yang rendah, yang akhirnya hasil belajarnya juga rendah.Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah penerapan pembelajaran penjelajahan gerak untuk meningkatkan kemampuan hasil belajar siswa? (2) Apakah penerapan pembelajaran penjelajahan gerak untuk meningkatkan kemampuan hasil belajar siswa?.Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek penelitian siswa kelas V SD NU Gurah. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, menggunakan instrumen berupa RPP, lembar Observasi kererampilan gerak dasar passing atas, lembar Observasi aktivitas siswa, lembar observasi aktivitas guru. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Melalui siklus tindakan pembelajaran dapat ditemukan langkah-langkah yang efektif penerapan pembelajaran penjelajahan gerak untuk meningkatkan kemampuan gerak dasar passingatas  bolavoli. (2) Melalui siklus tindakan pembelajaran dapat ditemukan langkah-langkah yang efektif penerapan pembelajaran penjelajahan gerak terbukti dapat meningkatkan kemampuan gerak dasar passingatas  bolavoli.Berdasarkan hasil simpulan penelitian ini, direkomendasikan : (1) Tujuan pokok penggunaan metode pembelajaran penjelajahan gerak adalah untuk mengembangkan kemampuan tanggung jawab. Oleh sebab itu guru sebagai pelaksana pembelajaran harus mengutamakan proses yang mendukung terciptanaya suasana yang menyenangkan. (2) Guru masih perlu meneliti terus menerus, untuk membuktikan apakah metode pembelajaran penjelajahan gerak sesuai dengan seluruh karakteristik materi dan karakteristik siswa.


Keyword

a

Reference

DAFTAR PUSTAKA

 

Afrizal. 2009.dalam jurnal Bahasa dan Seni Volume 10 No.2 , 2009 : 110-118)

Annarino.2002. dalam jurnal IPTEK Olahraga

Almaeda, soares, 2003. Permainan Bolavoli,Surabaya: CV Graha Media

Diah Ayu, 2015. Meningkatkan kemampuan passing bawah pada permainan

bolavoli melalui metode penjelajahan gerak pada siswa kelas V SDN I

Mojoroto.https://mafiadoc.com/meningkatkan-hasil-belajar-passing-atas-permainan-_59f6731e1723dd3ad6...(diakses tanggal 19 -12 - 2017)

Dopsaj, Nesic, Copik, 2010. Permainan Bolavoli,Surabaya : CV Graha Media

Elizabeth Helsy dan Lorena Porter.Pengembangan Fisik M otorik. Fib.

Universitas Jogjakarta.UNY.

Gabberd. 2002 dalam jurnal IPTEK olahraga

Gallahue. 2002. dalam jurnal IPTEK olahraga

Gagne 1977.Hakikat Belajar.DalamAnni, Catharina Tri, 2004 PsikologiBelajar.

Semarang

Gagne 1985.Hakikat Belajar.DalamAnni, Catharina Tri, 2004 PsikologiBelajar.

Semarang

Herry Koesyanto.2003.Belajar Bermain Bolavoli, Jakarta Universitas Terbuka

Kurt, Lewin. 2006. Penelitian Tindakan Kelas, Bandung: CV Yrama Widya

M.Sajoto. 1995. Peningkatan dan Pembinaan  Kekuatan Kondisi Fisik dalam                             

Olahraga.Semarang:Dahara Prize.

Mahfud Irsyada.1999.Depdikbut

Maksum, 2009. Permainan Bolavoli,Surabaya :CV Graha Media

Muhajir, 2004.Pendidikan Jasmani Teoridan Praktik.Jakarta  :PenerbitErlangga

Muhyi, 2008. Permainan Bolavoli. Surabaya CV Graha Media

Munasifah, 2008. Bermain Bolavoli. Semarang : Aneka Ilmu

Rudi Purnomo. Pendidikan jasmani Olahraga dan KesehatanPT Je

Press Media Utama

Rudito Adani, 2015. yang berjudul “Meningkatkan kemampuan gerak dasar

servis bawah pada permainan bola voli mini melalui metode penjelajahan

gerak siswa kelas V SDN Gorontalo, 2013-1-85201-831409163-bab4-23072013084617.pdf. Diakses pada 07 September 2017.

Suprayekti. 2003. Interaksi Belajar Mengajar. Jakarta.DirektoratTenaga

Kependidikan, Dikdasmen, Depdiknas

Suryo Subroto, 1997, Proses Belajar Mengajar di Sekolah, (RinekaCipta Jakarta)

Sumiati dan Asra. 2009. Metode Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima

Universitas Nusantara PGRI Kediri. 2016, Panduan Penulisan Karya Tulis Ilmiah

Kediri: Universitas Nusantara PGRI Kediri

Winarno, M.E. 2004. Evaluasi dalam Pendidikan Jasmani dan Olahraga Center

For Human Capacity Development.


PUBLISHED

2018-08-20

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE

Vol. 02 No. 01 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI