Pengaruh Metode Demonstrasi Didukung Media Audio Visual terhadap Kemampuan Lempar Cakram Gaya Samping Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Papar Kabupaten Kediri
Author (Penulis)
MUHKAMAD YUNUS
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
13.1.01.09.0162
Abstract
Abstrak
Muhkamad Yunus “Pengaruh Metode Demonstrasi Didukung Media Audio Visual Terhadap Kemampuan Lempar Cakram Gaya Samping Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Papar Kabupaten Kediri”, Skripsi, PENJASKESREK, FKIP UN PGRI Kediri, 2017.
Kata kunci : metode demontrasi, audio visual, kemampuan lempar cakram gaya samping
Penelitian ini dilatar belakai oleh banyak siswa yang kurang menguasai teknik dasar lempar cakram dengan baik dan benar. Hal ini disebabkan guru masih menggunakan metode ceramah dalam menyampaikan materi, sehingga proses penyampaian kurang menarik, siswa kesulitan dalam memahami materi yang telah disampaikan dan akhirnya mengalami kendala dalam mempraktekkan teknik dasar lempar cakram gaya samping. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode demonstrasi didukung media audio visual terhadap kemampuan lempar cakram gaya samping siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Papar
Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Experimental Design dengan menggunakan desain Non equivalent Control Group Design. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Papar Kabupaten Kediri sebanyak 82 siswa, yang dibagi menjadi 2 kelas yaitu kelas kontrol sebanyak 41 siswa dan kelas eksperimen sebanyak 41 siswa . Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t sampel bebas atau independent sample t-test.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan penggunaan metode demonstrasi didukung media audio visual terhadap kemampuan lempar cakram gaya samping siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Papar Kabupaten Kediri dengan thitung 3,552 > ttabel 1,664..
Kesimpulan bahwa ada pengaruh yang signifikan penggunaan metode demonstrasi didukung media audio visual terhadap kemampuan lempar cakram gaya samping. Maka dari itu dapat disarankan metode demonstrasi didukung media audio visual dapat dijadikan alternatif metode pembelajaran guru dalam meningkatkan kemampuan lempar cakram gaya samping.