Penelitian ini dilatar belakangi oleh pengamatan awal peneliti di MA Al-Khidmah Ngronggot tentang kemampuan passing bawah pada permainan bolavoli, hasil pengamatan awal ditemukan kemampuan siswa dalam melakukan passing bawah masih sangat rendah. Hal ini dapat dilihat dari minat siswa saat diberikan materi mengenai permainan bolavoli dan tidak adanya motivasi siswa dalam melakukan praktek dilapangan. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas (PTK), yang menggunakan data pengamatan secara langsung terhadap proses pembelajaran. Subjek penelitian adalah siswa putri kelas X MA AL-Khidmah Ngronggot yang berjumlah 21 siswa. Berdasarkan analisis data yang dilakukan dapat ditarik kesimpulan bahwa: Berdasarkan analisa data, didapatkan bahwa keterampilan melakukan passing bawah pada siklus I mendapat rata-rata 44,4444% ini dalam kategori kurang, sedangkan siklus ke II mendapatkan 78,57143 % yang berkategori cukup. Di tes psikomotorik siklus I hanya mendapat rataan 50 % sedangkan siklus ke II menjadi 73,4127 %. Dan tes afektif juga menunjukan peningkatan dari siklus I ke siklus II yaitu 56,613 % menjadi 74,6032 %. Serta tes kognitif yang diberikan hanya disaat akhir siklus juga mengalami peningkatan dari 56,6138 % menjadi 81,48148%. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah bahwa memodifikasi sarana bolavoli yang biasa dipakai menjadi bolavoli plastik dapat menaikkan hasil belajar siswa dalam melakukan passing bawah.
Depdiknas. (2003). Undang-undang Ri No. 20, Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Hanief, Y.N. & Himawanto, W. (2017). Statistik Pendikan. Yogyakarta: Deepublish.
Kamus Besar Bahasa Indonesia. (2002). Departemen Pendidikan Nasional Edisi Ke-3. Balai Pustaka, Jakarta. Gramedia
Munasifah. (2008). Bermain Bolavoli. Semarang : Aneka Ilmu.
PBVSI. (2005). Peraturan Permainan Bolavoli. Jakarta: Sekretariat Umum PBVSI.
Widayati, A. (2008). Penelitian Tindakan Kelas. Jurnal Pendidikan Akutansi Indonesia. Vol. VI. No. 1. 2008.