PENINGKATAN HASIL BELAJAR LARI 60 METER MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL PADA SISWA KELAS V SDN KAWEDUSAN 2 TAHUN PELAJARAN 2017/2018


Author (Penulis)

GALANG NANDA PRATAMA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.09.0154

Abstract

ABSTRAK Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah melalui media permainan tradisional bentengan dan gobak sodor dapat meningkatkan kemampuan hasil belajar Lari 60 meter pada siswa kelas V SDN Kawedusan 2, Kecamatan Plosoklaten, Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2017/2018? Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus yang terdiri dari 2 kali pertemuan setiap siklus. Siswa kelas V SDN Kawedusan 2 yang berjumlah 28 siswa merupakan subjek penelitian ini. Instrumen yang digunakan adalah RPP, lembar observasi psikomotor, afektif dan kognitif. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah hasil belajar mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Presentase ketuntasan siklus I 82,14%, siklus II mengalami peningkatan menjadi 89,29%. Dari hasil analisis dapat dikatakan bahwa hasil belajar lari 60 meter siswa kelas V SDN Kawedusan 2 meningkat dengan kategori baik. Dari hasil penelitian, saran yang direkomendasikan adalah (1) Guru penjasorkes harus lebih kreatif dan inovatif dalam menyampaikan materi yang diajarkan sehingga siswa lebih tertarik dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar. (2) Perlu dilakukan penelitian lanjutan, dengan menambah beberapa faktor pendukung lainnya. Dan juga mencari ruang lingkup populasi yang berbeda dan lebih luas. Dengan demikian penelitian lanjutan tersebut dapat semakin memberikan gambaran yang lebih spesifik. Kata kunci: Hasil Belajar Lari 60 Meter, Permainan Tradisional

Keyword

HASIL BELAJAR, PERMAINAN TRADISIONAL

Reference


PUBLISHED

2018-02-19

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE

Vol. 02 No. 04 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade