Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Servis Bawah Bolavoli Mini dengan Modifikasi Bola Oscar Siswa Kelas V SDN Purwokerto 2 Kecamatan Ngadiluwih Kabupaten Kediri Tahun Ajaran 2017


Author (Penulis)

FRENDY CAHYO ANDRI ANTONI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.09.0106

Abstract

Abstrak Frendy Cahyo Andri Antoni: Upaya peningkatan hasil belajar servis bawah bolavoli mini dengan modifikasi bola oscar siswa kelas V SDN Purwokerto 2, Kecamatan Ngadiluwih, Kabupaten Kediri, Skripsi, PENJASKESREK, FKIP UN PGRI Kediri, 2018. Kata kunci: Hasil Belajar Servis Bawah, Bolavoli Mini, Modifikasi Bola Oscar Penelitian ini dilatar belakangi oleh pengamatan peneliti bahwa pembelajaran bolavoli mini tidak bisa berjalan lancar. hal ini diakibatkan kurang antusiasnya siswa untuk mengikuti pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar servis bawah bolavoli mini dengan menggunkan modifikasi bola spon. Permasalah penelitian ini adalah apakah dengan cara memodifikasi bola spon dapat meningkatkan hasil belajar bolavoli mini kelas V SDN Purwokerto 2, Kecamatan Ngadiluwih, Kabupaten Kediri. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subjek siswa kelas V SDN Purwokerto 2. Penelitian ini dilakukan dengan dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Penilaian penelitian ini menggunakan lembar instrumen yang terdapat pada lembar renana pelaksanaan pembelajaran (RPP) Kesimpulan dari penelitian tindakan kelas ini adalah (1) Penerapan modifikasi bola oscar pada pembelajaran servis bawah bolavoli mini dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN Purwokerto 2, Kecamatan Ngadiluwih, Kabupaten Kediri. Hal ini terbukti dari analis data yang sudah dilakukan oleh peneliti. Dimana pada siklus I dari jumlah 28 siswa hanya 16 siswa atau 57% yang mendapatkan nilai diatas KKM sedangkan pada siklus II dari 28 siswa 25 anak atau 89% yang mendapatkan hasil diatas KKM. Pada analis data juga diperoleh peningkatan dalam hal rata-rata dimana pada siklus I nilai rata-rata siswa sebesar 76,21 sedangkan pada siklus II nilai rata-rata siswa yaitu 88,07. (2) Dengan penerapan modifikasi bola oscar dalam pembelajaran servis bawah bolavoli mini, siswa lebih antusias atau aktif dalam mengikuti pembelajaran, hal ini terbukti dari hasil nilai afektif dimana pada siklus I nilai keaktifan siswa secara klasikal sebesar 71% yang sudah diatas KKM sedangkan pada siklus II nilai secara klasikal sebesar 89% atau 25 siswa yang mendapatkan nilai diatas KKM.

Keyword

hasil belajar servis bawah, bolavoli mini, modifikasi bola oscar

Reference


PUBLISHED

2018-02-15

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE

Vol. 02 No. 03 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade