PENINGKATAN HASIL BELAJAR SERVIS ATAS BOLAVOLI MINI DENGAN MENGGUNAKAN METODE DRILL DAN GAME PADA SISWA KELAS VI SDN 02 SUMBERINGIN KIDUL KECAMATAN NGUNUT KABUPATEN TULUNGAGUNG TAHUN PELAJARAN 2017-2018


Author (Penulis)

TITO PANGESTI ADJI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.09.0105

Abstract

Abstrak

Tito Pangesti Adji: Peningkatan Hasil Belajar Servis Atas Bolavoli Mini Dengan Model Pembelajaran Drill dan Game Pada Siswa Kelas VI SDN 02 Sumberingin Kidul Kecamatan Ngunut Kabupaten Tulungagung Tahun Pelajaran 2017-2018, Skripsi, PENJASKESREK, FKIP UN PGRI Kediri, 2018.

Kata kunci: Drill dan Game, hasil belajar, servis atas.

 Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa pembelajaran servis atas di SDN 02 Sumberingin Kidul Kecamatan Ngunut Kabupaten Tulungagung pembelajaran servis atas bolavoli mini berlangsung satu arah sehingga siswa cenderung mudah merasa bosan. Hal tersebut berdampak pada kurangnya kemampuan belajar siswa dalam servis atas.

Permasalahan penelitian ini adalah (1) apakah penggunaan model pembelajaran drill dan game mampu meningkatkan kemampuan servis atas bolavoli mini pada siswa kelas VI SDN 02 Sumberingin Kidul Kecamatan Ngunut Kabupaten Tulungagung Tahun Pelajaran 2017-2018 ?

Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek penelitian kelas VI SDN 02 Sumberingin Kidul Kecamatan Ngunut Kabupaten Tulungagung. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, menggunakan instrumen berupa RPP, tes hasil belajar dan lembar aktivitas siswa.

 Hasil penelitian yang telah dilakukan dengan penerapan model drill dan game servis atas menunjukkan adanya peningkatan. Rata-rata pada Siklus I 64,7 dengan prosentase 55%. Setelah melakukan tindakan, pada Siklus II diperoleh hasil rata-rata 77,75 dengan prosentase 75%.

Kesimpulan hasil penelitian ini adalah pelaksanaan penerapan model drill dan game pada servis atas bolavoli mini dapat berjalan secara efektif dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan: tujuan utama penerapan model pembelajaran drill dan game pada servis atas bolavoli mini dengan jarak 5 sampai dengan 6 meter yaitu dapat meningkatkan kemampuan servis atas siswa. Karena itu guru sebagai pelaksana pembelajaran harus mengutamakan proses pembelajaran yang efektif demi terciptanya suasana kerja sama kelompok


Keyword

a

Reference

Ahmadi, Nuril. 2007. Panduan Bermain Bolavoli. Jakarta: PT Rieneke Cipta.

Anni. 2006. Psikologi Belajar. Semarang : UPT Unnes Press.

Aqib, Zainal. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: CV. Yarma Widya.

Arikunto, Suharsimi. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Armai. 2002. Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam. Jakarta: Penerbit Ciputat Pers.

Ateng. 1993. Pengertian Pendidikan Jasmani Menurut Beberapa Ahli. (online), tersedia: http://www.lepank.com/2014/04/pengertian-pendidikan-jasmani-menurut_5614.html?m=1, diunduh 25 juli 2017.

Daryanto. 2014. Penelitian Tindakan Kelas dan Penelitian Tindakan Sekolah. Yogyakarta: Gava Media.

Depdiknas. 2003. Kurikulum Berbasis Kompetensi Mata Pelajaran Pendidikan

Jasmani Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah. Jakarta: Departemen  Pendidikan Nasional.

Depdiknas. 2003. Standar Kompetensi Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani

Sekolah dasar Kurikulum 2004. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Depdiknas. 2004. Kurikulum Tingkat Satuan Untuk Sekolah Dasar (Mata pelajaran Pendidikan Jasmani). Jakarta: Dikdasmen.

Depdiknas. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Untuk Sekolah Dasar (Mata pelajaran Pendidikan Jasmani). Jakarta: Dikdasmen.

Dieter, Beutelstahl. 2005. Belajar Bermain Bola Volley. Jakarta: CV Pionir Jaya.

Dimyati dan Mudjiono. 2000. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Bineka Cipta.

Kristiyanto, Agus dan Sugito, 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Surakarta: UNS Press.

Muhammad, As’adi. 2009. Menghidupkan otak kanan anak anda. Yogyakarta: Power books.

Munadi, Sudji. 2010. Penilaian Hasil Belajar. Jakarta: Depdiknas.

PBVSI. 2008. Peraturan Permainan Bolavoli Internasional. Yogyakarta: Gajahmada University Press.

Riadi, Muclisin. 2013. Model Pembelajaran Drill. (online), tersedia: http://kajianpustaka.com/2013/11/model-pembelajaran-drill.html?m=1 ,diunduh 24 Maret 2017.

Sanusi, Abas. 2003. Pendekatan Pembelajaran Pendidikan Jasmani untuk Siswa

SD. Jurnal Kependidikan PJKR FKIP UNSUR.

Singer, Robert N. 1980. Motor Learning and Human Performance. Canada: The USA.

Syarifuddin, Aip dan Muhadi. 1992. Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Jakarta: Depdikbud.

Sudjana, Nana. 1991. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Sudjana, Nana. 2010. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Sugiyanto. 1993. Perkembangan dan Belajar Gerak. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan DKI Jakarta.

Suharno, HP. 1993. Ilmu Kepepembelajaran Dasar. Surakarta: Universitas Sebelas Maret Press.

Suharta, Asep. 2007. Pendekatan Pembelajaran Bolavoli Mini Sebuah Gagasan Konseptual. Jurnal Iptek Olahraga, 9 (2): 139-152.

Viera, Barbara. 2004. Bola Voli Tingkat Pemula. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Yunus, M. 1992. Olahraga Pilihan Bolavoli. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.


PUBLISHED

2018-08-16

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE

Vol. 02 No. 12 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI