ABSTRAK
Penelitian ini dilatar belakangi fenomena motivasi sangatlah penting bagi siswa dalam pembelajaran, karena motivasi merupakan konsep yang menjelaskan alasan seseorang berperilaku. Dengan adanya motivasi belajar dapat menentukan tingkat berhasil atau gagalnya kegiatan belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana motivasi belajar siswa kelas VIII terhadap pelajaran pendidikan jasmani di SMP Negeri 8 Kediri.
Penelitian ini merupakan metode survei yang merupakan suatu metode penelitian yang digunakan dalam penelitian deskriptif untuk menggambarkan fenomena yang ada Pendekatan peneitaian dalam penelitian ini menggunakan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di SMP Negeri 8 Kediri sebanyak 11 kelas atau 387 siswa. Sampel diambil dengan teknik pengambilan sampel proportional dan didapatkan sebanyak 77 responden. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif.
Kesimpulan hasil penelitian ini adalah : 1) Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi intrinsik lebih dominan dibandingkan dengan motivasi ekstrinsik dalam mempengaruhi motivasi belajar siswa akan pelajaran pendidikan jasmani di SMP Negeri 8 Kediri. Dimana pada motivasi intrisik terdapat 64 siswa atau 83% pada kategori sedang, sedangkan pada motivasi ekstrinsik terdapat 58 siswa atau 75% pada kategori sedang..
Berdasarkan simpulan hasil penelitian dalam motivasi belajar siswa akan pelajaran pendidikan jasmani siswa SMP Negeri 8 Kediri setengahnya datang dari hati sanubari umumnya karena kesadaran dan setengahnya lagi berasal dari pelatih, guru, orang tua, penghargaan maupun prestasi.
DAFTAR PUSTAKA
Arikunto, S. 2011. Prosedur penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Edisi revisi VI. Jakarta : PT. Rineka Cipta
Arikunto, S. 2013. Dasar-Dasar Evaluas Pendidikan. Edisi revisi VI. Jakarta : PT. Rineka Cipta
Burhaein, Erick. 2012. Ptimalisasi Pendidikan Karakter Berbasis Permainan Tradisional Pada Pendidikan Jasmani Anak Tunalaras Melalui Model Pembelajaran Quantum Learning (Neuro Learning Dan Psychology Learning). Pascasarjana UNY
Catharina dkk, Tri Anni. 2004. Psikologi Belajar. Semarang: UPT MKK UNNES Semarang Pres
Departemen Pendidikan Nasional. 2006. Kurikulum 2006 Standar Kompetensi Mata Pelajaran Sain Sekolah Dasar & Madrasah Ibtidaiyah, Departemen Pendidikan Nasional. Jakarta: BSNP
Dimyati, Mujiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta
Fauziah. Eva. 2013. Hubungan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Motivasi Siswa Dalam Mengikuti Pelajaran Pendidikan Jasmani. Universitas Lampung.
Firmansyah, Helmi. 2009. Hubugan Motivasi Berprestasi Siswa dengan Hasil Belajar Pendidikan Jasmani. Jurnal JPJI (Nomor 3 Volume 2) Hlm28-31
Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS19. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro
Hamalik, Oemar. 2005. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Antariksa
Isjoni. 2009. Cooperative Learning Efektivitas Pembelajaran Kelompok. Bandung : Alfabeta
Kompri. 2015. Motivasi Pembelajaran Perspektif Guru dan Siswa. Jambi : Rosdakarya.
Purwanto, M. Ngalim. 2006. Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Ridwan. 2013. Dasar-Dasar Statistika. Bandung : Alfabeta.
Sardiman A. M. 2006. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.
Sudijandoko, Andun. 2010. Pembelajaran Pendidikan Jasmani Yang Efektif dan Berkualitas. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia Volume 7 Nomor 1. Jurusan Pendidikan Olahraga FIK-UNY: Yogyakarta
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Suherman, Adang. 2000. Dasar-Dasar Penjaskes. Jakarta: Depdikbud
Sukardi. 2013. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Umar, H. 2000, Metode Penelitian. Jakarta : Salemba Empat.
Uno, Hamzah B. 2001. Pengembangan Instrumen Untuk Penelitian. Jakarta: Delima Press.
Uno, Hamzah B. 2008. Teori Motivasi dan Pengukurannya Analisis di BidangPendidikan. Jakarta : Bumi Aksara.
Winansih. Varia. 2009. Psikologi Pendidikan. Medan : La Tasnsa Pers
Yuliasari dan Indriarsa. 2013. Peran Dominan Motivasi Intrinsik Dan Motivasi Ekstrinsik Siswa Putri Dalam Mengikuti Kegiatan Ekstrakurikuler Futsal. Universitas Negeri Surabaya