hubungan Antara Power Otot Lengan, Keseimbangan, Dan Ketebalan Lemak dengan Hasil Tolakan Tolak Peluru Gaya Ortodok Kelas XI Putra SMK PGRI 1 Kediri


Author (Penulis)

DANANG AGIL PRAKOSO
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.09.0076

Abstract

ABSTRAK

Danang Agil Prakoso: “HubunganAntara PowerOtot Lengan, Keseimbangan dan Ketebalan Lemak TerhadaphasilTolakan Tolak Peluru Gaya Ortodok Pada Siswa Putra Kelas XI SMK PGRI 1 Kediri Tahun Ajaran 2018/2019”, Skripsi, PENJASKESREK, FKIP UN PGRI Kediri, 2018.

Penelitian ini dilatar belakangi masih banyak siswa yang belum menguasai teknik tolak peluru. Kurang maksimalnya hasil tolak peluru di SMK PGRI I Kediri dimungkinkan karena kesalahan-kesalahan di bidang teknik seperti kesalahan memegang peluru, cara meletakan peluru dibahu, sikap menolak, gerakan menolak dan gerakan setelah menolak. Selain itu rendahnya kemampuan siswa dalam tolak peluru juga disebabkan oleh salah satu faktor yaitu faktor kondisi fisik dan kurangnya latihan yang dilakukan. Adapun  kondisi fisik yang berkaitan dengan hasiltolakan tolak peluru gaya ortodok adalah powerotot lengan, keseimbangan, dan  ketebalan lemak.

Permasalahan penelitian ini adalah (1) Adakah hubungan antara power otot lengan dengan hasil tolakan peluru? (2) Adakah hubungan antara keseimbangan dengan hasil tolakan peluru? (3) Adakah hubungan antara ketebalan lemak dengan hasil tolakan peluru? (4) Adakah hubungan antara power otot lengan, keseimbangan, dan ketebalan lemak dengan hasil tolakan?.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMK PGRI I Kediri yang berjumalah 226 siswa, dengan menggunakan teknik cluster random samplingdari enam kelas XI diambil 1 kelas secara random. Sehingga sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa putra kelas XI TPM 1 SMK PGRI I Kediri yang berjumlah 36 siswa maka jumlah sampel sama dengan jumlah populasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah korelasi Product Momentuntuk pengujian hipotesi 1 sampai 3 dan korelasi ganda untuk pengujian hipotesis 4.

Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) ada hubungan antara power otot lengan dengan hasil tolakan peluru gaya ortodok sebesar 77,1%  (2) ada hubungan antara keseimbangandengan hasil tolakan peluru gaya ortodoksebesar 49,1%. (3) ada hubungan antara ketebalan lemak dengan hasil tolakan peluru gaya ortodoksebesar 44,4%.(4) ada hubungan antara power otot lengan, keseimbangan, dan ketebalan lemak dengan hasil tolakan peluru gaya ortodok siswa kelas XI SMK PGRI I KEDIRI tahun ajaran 2018/2019sebesar 78%.

Kata kunci : power otot lengan, keseimbangan, ketebalan lemak dan hasiltolakan tolak peluru gaya ortodok.


Keyword

Power Otot Lengan, Keseimbangan, Ketebalan Lemak, dan Hasil Tolakan Tolak Peluru

Reference

Fenanlampir dan Faruq. 2015. Tes dan Pengukuran dalam Olahraga. Jakarta: Andi

Kurnia. 2001. Tolak Peluru. Jakarta: Erlangga.

Syuhada, Muharam. 2013. Hubungan Antara Power Otot Legan Bahu, Kekutan Otot Tungkai, Koordinasi  Mata Tangan Dengan Kemampuan Free Throw Pada Peserta Ekstrakurikuler Bolabasket Di SMAN 1 Ngemplak Sleman. Yogyakarta: UNY.Skripsi. (Online), tersedia: http://eprints.uny.ac.id/16138/1/SKRIPSI%MUHARAM%20%SYUHADA-NIM.%200960124425%20.pdf, diunduh 14 September 2018

Sajoto.M. 1995.Pembinaan Kondisi Fisik Dalam Olahraga. Semarang: Semarang.

Widiastuti.2015. Tes dan Pengukuran Olahraga. Jakarta : Rajawali.


PUBLISHED

2019-02-15

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE

Vol. 03 No. 03 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade