survey minat siswa terhadap materi senam lantai roll depan roll belakang pada kelas XI di smk prima husada kabupaten kediri tahun ajaran 2018/2019


Author (Penulis)

YAHYA ANDRIKA KRISTYANA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.09.0068

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi untuk menumbuhkan atau menimbulkan minat pada siswa maka diperlukan kreativitas seorang guru untuk memunculkan minat siswa agar siswa berkeinginan melakukan gerakan roll depan dan roll belakang. Permasalahan penelitian ini adalah seberapa besar/ tinggi minat siswa kelas XI SMK Prima Husada terhadap materi senam lantai khususnya roll depan dan roll belakang?. Tujuan permasalahan ini memiliki tujuan untuk mengetahui seberapa besar/tinggi minat siswa kelas XI terhadap materi senam lantai khususnya roll depan dan roll belakang.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknikyang digunakan dalam penelitian ini adalah non eksperimen menggunakan teknik penelitian deskriptif yang hanya melihat seberapa besar minat siswa terhadap kemampuan belajar senam lantai khususnya roll depan dan roll belakang tanpa adanya perlakuan.dan subjeknya adalah siswa kelas XI SMK Prima Husada Kabupaten Kediri TahunAjaran 2018/2019. Selanjutnya instrument tes yang digunakan untuk melakukan pengukuran dan pengumpulan data berupa angket (kuisoner).

Berdasarkan dari pengolahan data dalam penelitian ini didapatkan hasil total skor 4 indikator minat siswa masuk dalam garis kategori tinggi yaitu total skor indikator sikap sebesar 81,03% dengan kategori sangat tinggi, total skor indikator keinginan sebesar 74,88% dengan kategori tinggi, total skor indikator ketekunan sebesar 72,65% dengan kategori tinggi dan total skor untuk indikator dorongan sebesar 67,94%

Berdasarkan simpulan diatas, direkomendasikan (1) pada sekolah diharapkan untuk senantiasa berusaha meningkatkan sarana dan prasarana dalam mata pelajaran pendidikan jasmani dan olahraga seiring dengan perkembangan teknologi pendidikan jasmani dan olahraga saat ini,(2) pada guru Penjaskes agar lebih berinofasi menggunakan metode pengajaran yang sangat fariatif sebagai contoh guru menggunakan metode demonstrasi, pada metode tersebut guru menjelaskan materi teknik roll depan dan roll belakang dengan memperaktekkan sehingga siswa dapat melihat, memahami dan kemudian memperaktekkan teknik yang diajarkan.

 

Kata Kunci :Minat, Senam Lantai (Roll Depan dan Roll Belakang)


Keyword

Minat siswa

Reference

Anisa, Basleman dan Syamsu, Mapa. 2011. Teori Belajar Orang Dewasa. Bandung :       PT. Remaja Posdakarya.

 

Azwar. 2006. Reabilitas dan Validitas. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

 

Bintarko, A. 2016. Minat Siswa Kelas XI SMA N 1 Pundong Kabupaten Bantul Terhadap Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Tahun Ajaran 2015/2016 : Universitas Negeri Yogyakarta, (Online), tersedia: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/42334, diunduh 22 Agustus 2017.

 

Budiono, A. 2012. Minat Siswa Terhadap Pembelajaran Pendidikan Jasmani Di MTs Negeri 1 Kaleng Puring Kebumen Tahun Pelajaran 2011/2012 : Universitas Negeri Yogyakarta, (Online), tersedia: http//eprints.uny.ac.id/id/eprint/13682, diunduh 22 Agustus 2017.

 

Djamarah, Shaiful, Bahri. 2008. Psikologi Belajar` Jakarta : Rineka cipta.

 

Hardoko, B. 2015. Tingkat Kemampuan Roll Depan Siswa Kelas VII Dalam Pembelajaran Senam Lantai SMP Negeri 1 Pundong Bantul : Universitas Negeri Yogyakarta, (Online), tersedia: http://eprints.uny.ac.id.id/eprint/26530, diunduh 22 Agustus 2017.

 

Heribowo. 2011. Minat Siswa Kelas Akselerasi Terhadap Mata Pelajaran Penjasorkes Sekabupaten Puworejo. Skripsi. Semarang : UNS


PUBLISHED

2019-02-21

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE

Vol. 03 No. 04 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade