UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING BAWAH BOLA VOLI MINI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING SISWA KELAS V MIN SLEMANAN KABUPATEN BLITAR


Author (Penulis)

MOHAMMAD FAUZI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.09.0040

Abstract

Abstrak Mohammad Fauzi: Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Passing Bawah Bola Voli Mini Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Siswa Kelas V MIN Slemanan Kabupaten Blitar. Kata Kunci: hasil belajar, passing bawah, bola voli mini, problem based learning. Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan masih senantiasa berpusat pada guru sebagai pemecah masalah. Akibatnya suasana pembelajaran kurang aktif, cenderung membosankan, monoton. Hal tersebut nampak dari motivasi belajar siswa yang rendah, yang pada akhirnya hasil belajarnyapun juga rendah. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Apakah dengan model pembelajaran problem based learning dapat diterima peserta didik sehingga dapat meningkatkan hasil belajar passing bawah bola voli? (2) Apakah model pembelajaran problem based learning dapat memotivasi peserta didik terhadap proses pembelajaran passing bawah bola voli mini? (3) Apakah dengan model pembelajaran problem based learning hasil pembelajaran akan meningkat sehingga nilai dapat mencapai KKM?. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek penelitian siswa kelas V MIN Slemanan Kabupaten Blitar. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, menggunakan instrument berupa RPP, lembar Observasi aktivitas siswa, dan tes hasil belajar siswa. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Melalui siklus tindakan pembelajaran dapat dilihat setiap siklus I dan siklus II mengalami peningkatan menandakan pembelajaran dapat diterima dan meningkatkan hasil belajar. (2) Melalui siklus tindakan pembelajaran model pembelajaran problem based learning terbukti dapat meningkatkan motivasi. (3) Melalui siklus tindakan pembelajaran model pembelajaran problem based learning terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Dibuktikan dengan hasil belajar setiap siklus mengalami kenaikan. Diketahui bahwa siklus I siswa yang tuntas 23 siswa atau 71,88% sedangkan pada siklus II siswa yang tuntas 28 siswa atau 87,5% menandakan hasil belajar meningkat.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2018-02-22

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE

Vol. 02 No. 04 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI