PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MENULIS KREATIF NASKAH DRAMA BERBASIS KONTEKSTUAL SISWA KELAS VIII MTSN NGLAWAK KERTOSONO NGANJUK


Author (Penulis)

SUMARDIAH NURUL IRADA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.07.0107P

Abstract

ABSTRAK Pengembangan kemampuan menulis naskah drama siswa MTs/SMP belum dapat dilakukan secara optimal. Oleh karena itu, diperlukan upaya untuk mewujudkan proses pengembangan kemampuan menulis naskah drama ini secara lebih baik. Upaya tersebut dapat dilakukan dengan cara penggunaan produk pendidikan seperti buku yang dapat menunjang pembelajaran. Pendekatan kontekstual adalah suatu pendekatan yang karakteristiknya memenuhi tujuan belajar siswa. Dengan tujuh komponen yang ada pada pendekatan kontekstual maka akan dihasilkan buku teks menulis naskah drama yang berkualitas karena dapat memotivasi siswa untuk lebih aktif dalam pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini, yaitu (1) bagaimanakah deskripsi isi bahan ajar menulis kreatif naskah drama siswa kelas VIII MTsN Nglawak Kertosono Nganjuk, (2) bagaimanakah bahasa bahan ajar menulis kreatif naskah drama yang sesuai dengan siswa kelas VIII MTsN Nglawak Kertosono Nganjuk, (3)bagaimanakah tampilan bahan ajar menulis kreatif naskah drama siswa kelas VIII MTsN Nglawak Kertosono Nganjuk. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk menghasilkan bahan ajar menulis naskah drama berbasis kontekstual siswa kelas VIII SMP. Pengembangan bahan ajar tersebut memerhatikan aspek isi, bahasa dan tampilan. Pengembangan bahan ajar ini berbentuk buku ajar yang sangat mudah didapat. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan metode reseach dan development (R&D) yang dilaksanakan dalam tujuh tahapan, yakni: penelitian dan pengumpulan data, perencanaan, pengembangan draft produk, uji coba lapangan awal, revisi hasil uji coba, uji coba lapangan, dan penyempurnaan produk hasil uji coba lapangan. Sumber data validasi bahan ajar adalah dosen ahli dari universitas nusantara PGRI kediri, guru bahasa Indonesia, dan siswa kelas VIII MTsN Nglawak Kertosono Nganjuk. Hasil kegiatan validasi pertama dilakukan oleh ahli materi terhadap materi pada bahan ajar. Analisis dari hasil validasi tersebut diperoleh rata-rata total 91% . Validasi berikutnya dilakukan oleh ahli pembelajaran dan tampilan dan guru MTsN Nglawak Kertosono Nganjuk. Analisis dari hasil validasi tersebut diperoleh rata-rata 77% dari segi isi. Rata-rata total nilai untuk pengembangan media dari segi kelayakan bahasa adalah 76%, sedangkan kelayakan dari segi penyajian memperoleh nilai rata-rata 89%. Analisis selanjutnya diperoleh dari kegiatan uji coba lapangan terhadap siswa. Dari angket yang diberikan, bahan ajar dari segi isi mendapatkan nilai rata-rata 77%. Dari segi kelayakan bahasa memeroleh nilai rata-rata 78,2% sedangkan dari segi penyajian memeroleh nilai 89%. Dari hasil validasi di atas menunjukkan bahwa bahan ajar ini layak digunakan pada pembelajaran menulis naskah drama kelas VIII MTs/SMP. KATA KUNCI : Naskah drama, bahan ajar, pendekatan kontekstual.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-02-20

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI