PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MENULIS PUISI DENGAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING DI SMA MUHAMMADYAH 1 NGANJUK


Author (Penulis)

AMI YUNIARTI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.07.0099

Abstract

Ami Yuniarti, 2017.Pengembangan Bahan Ajar Menulis Puisi dengan Model Pembelajaran Quantum Teaching Di SMA Muhammadyah 1 Nganjuk. Skripsi. Pembimbing: Marista Dwi Rahmayantis, M.Pd., Drs. Sardjono, M.Pd. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Universitas Nusantara PGRI Kediri. Kata Kunci: Model pembelajaran quantum teaching, bahan ajar menulis puisi, pembelajaran menulis puisi di SMA Menulis puisi merupakan salah satu kompetensi dasar yang harus dikuasai oleh siswa kelas X. Melalui kegiatan menulis puisi, siswa dapat mengembangkan kreativitas untuk menghasilkan suatu karya sastra yang dapat dinikmati pembaca. Pembelajaran menulis puisi menjadi pembelajaran yang kurang diminati oleh siswa. Penyebabnya yaitu guru kurang tepat memilih model pembelajaran, serta bahan ajar yang digunakan. Akibatnya siswa mengalami kesulitan untuk menemukan ide yang akan dituangkan menjadi sebuah puisi. Oleh karena itu, diperlukan model pembelajaran yang tepat untuk mengatasi hambatan untuk mendukung kelancaran pembelajaran menulis puisi. Model yang dimaksud adalah model pembelajaran quantum teaching. Model pebelajaran quantum teaching mengaitkan materi yang diajarkan dengan situasi dunia nyata siswa, mengaitkan apa yang kita ajarkan dengan sebuah peristiwa, pikiran atau perasaan yang diperoleh dari kehidupan rumah, sosial atau akademis siswa sehingga memiliki hubungan erat antara yang dipelajari, dan diterapkan dalam kehidupan siswa sebagai insan akademik.Pembelajaran quantum teaching merupakanpembelajaran yang menyenangkan bagi siswa, dan pembelajaran yang menyenangkan dapat membangun secara cepat potensi siswa karena keberhasilan pencapaian tujuan pendidikan banyak bergantung pada proses belajar yang dialami siswa. Oleh sebab itu pembelajaran quantum teacing mengajarkan siswa responsif dalam proses belajar mengajar yaitu dengan menerapkan sintakmatik TANDUR yang ada di dalam quantum teacing. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan produk berupa bahan ajar menulis puisi dengan menggunakan quantum teaching di SMA. Adapun tujuan khusus adalah mengembangkan segi isi bahan ajar, bahasa bahan ajar dan sajian bahan ajar menulis puisi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan RnD. Berdasarkan model tersebut, dalam penelitian ini terdapat tujuh prosedur penelian yaitu (1) perencanaan dan pengumpulan data, (2) desain produk dan pengembangan draf produk, (3) validasi dan revisi desain, (4) uji coba lapangan awal, (5) revisi hasil uji coba, (6) uji coba pemakaian, (7) penyempurnaan produk hasil uji coba lapangan. Jenis penelitian ini adalah data numberik dan data verbal. Data numberik yakni berupa data skor yang diperoleh dari hasil angket penilaian uji ahli, praktisi, dan siswa terhadap produk.data verbal tertulis berupa catatan, komentar, kritik, maupun saran yang telah ditulis oleh subjek uji pada angket penilaian; sedangkan data verbal lisan berupa informasi yang disampaikan secara lisan ketika wawancara dengan ketiga kelompok uji. Angket penilaian dan pedoman wawancara bebas digunakan sebagai instrumen pengumpulan data. Hasil uji ahli bahan ajar menulis puisi dari segi materi bahan ajar menunjukan produk tergolong layak dan siap diimplementasikan (86%). Hasil uji ahli dan praktisi dari segi isi bahan ajar menulis puisi menunjukan produk sangat layak dan siap untuk diimplementasikan (95%). Hasil uji ahli dan praktisi dari segi kelayakan bahasa bahan ajar menulis puisi menunjukan produk tergolong layak dan siap untuk diimplementasikan (86%) dan hasil uji ahli dan praktisi dari segi penyajian bahan ajar menulis puisi menunjukan produk tergolong layak dan siap diimplementasikan (89%). Simpulan penelitian pengembangan ini adalah bahan ajar menulis puisi yang dikembangkan dengan menggunakan model pembelajaran quantum teaching menunjukan bahwa produk tergolong layak dan siap diimplementasikan dalam pembelajaran menulis puisi di SMA. Langkah pemanfaatan produk hasil pengembangan, guru disarankan untuk menerapkan model pembelajaran quantum teaching dalam pembelajaran menulis puisi, sehingga kendala-kendala dalam pembelajaran menulis puisi dapat teratasi.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2018-02-19

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 04 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI