TOKOH DAN CITRA WANITA DALAM NOVEL CAHAYA SURGA DI WAJAH IBU KARYA MURA ALFA ZAEZ


Author (Penulis)

SITI AFIFATUL MUKAROMAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.07.0090

Abstract

Siti Afifatul Mukaromah: Tokoh dan Citra Wanita dalam Novel Cahaya Surga Di Wajah Ibu Karya Mura Alfa Zaez, Skripsi, PBSI, FKIP UN PGRI Kediri, 2018.

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya citra wanita yang dapat diteladani dalam novel Cahaya Surga di Wajah Ibu karya Mura Alfa Zaez. Citra wanita adalah suatu hal yang penting dan menarik untuk dikaji karena memiliki kepribadian yang tidak sama dengan laki-laki. Wanita mempunyai kepribadian yang identik dengan sifat sabar, penyayang dan lemah lembut. Dalam novel Ca-haya Surga di Wajah Ibu karya Mura Alfa Zaez, karakter tersebut dimiliki oleh Wiana dan Mimi yang dapat dijadikan contoh oleh para perempuan saat ini. Untuk itu, perlu dilakukan penelitian mengenai citra diri wanita dalam novel Ca-haya Surga di Wajah Ibu karya Mura Alfa Zaez

Berdasarkan latar belakang tersebut, masalah penelitian ini adalah sebagai berikut. (1) Bagaimanakah deskripsi tokoh dalam novel Cahaya Surga di Wajah Ibu karya Mura Alfa Zaez? (2) Bagaimanakah deskripsi citra sosial wanita dalam novel Cahaya Surga di Wajah Ibu karya Mura Alfa Zaez? (3) Bagaimanakah deskripsi citra diri wanita dalam novel Cahaya Surga di Wajah Ibu karya Mura Alfa Zaez?

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan peneliti sebagai instru-men penelitian. Data dalam penelitian ini adalah kalimat yang terdapat dalam novel Cahaya Surga di Wajah Ibu karya Mura Alfa Zaez. Sumber data dalam penelitian ini adalah novel Cahaya Surga di Wajah Ibu karya Mura Alfa Zaez. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis kualitatif.

Berdasarkan hasil analisis data, dapat diketahui karakter tokoh dan citra wanita dalam novel Cahaya Surga di Wajah Ibu. Tokoh tersebut adalah (1) Wiana adalah ibu yang baik, penyayang, tegar, dan pekerja keras, (2) Mimi adalah anak yang penyayang dan tegar, (3) Arfansyah adalah ayah yang keras dan emosional, (4) Nenek adalah ibu mertua yang sinis dan emosional, (4) Kaka adalah teman Mimi yang baik dan setia, (5) Risma adalah teman Mimi yang penyabar, (6) Reva adalah teman Mimi yang angkuh dan egois.

Citra wanita yang diperoleh adalah citra diri dan sosial. Citra diri wanita meliputi sikap penyabar, lemah lembut dan penyayang. Citra sosial wanita meliputi citra dalam keluarga dan masyarakat. Citra wanita dalam keluarga ditunjukkan oleh sikap Wiana yang taat pada suami, tegas, pekerja keras, dan mandiri. Selain Wiana, Mimi juga memiliki sikap yang mandiri dalam keluarga. Citra sosial Wiana dan Mimi dalam masyarakat adalah perempuan yang tegas, berani, dan percaya diri.

Berdasarkan simpulan yang diperoleh, hasil penelitian ini diharapkan dapat digunakan oleh guru bahasa Indonesia sebagai media pembelajaran di tingkat SMA kelas dua belas semester satu pada kompetensi dasar menganalisis isi dan kebahasaan novel. Novel ini sesuai digunakan sebagai media pembelajaran analisis novel karena banyak memuat nilai kehidupan terutama citra perempuan.   Penelitian ini berfokus pada analisis tokoh, citra diri dan sosial wanita dalam novel Cahaya Surga di Wajah Ibu karya Alfa Zaez. Oleh karena itu, peneliti lain dapat menganalisis citra wanita dari aspek psikisnya.

 


Keyword

citra wanita, novel

Reference

Aminuddin. 2014. Pengantar Apresiasi Karya Sastra. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Budianta, Melani. 2002. “Pendekatan Fenimis Terhadap Wacana: Sebuah Pengantar” dalam Budiman, Kris (Ed). Analisis wacana: dari Linguistik Sampai Dekontruksi. Yogyakarta: Kanal.

Chaer, Abdul. 2015. Psikolinguistik (Kajian Teoritik). Jakarta: Rineka cipta.

Djajanegara, Soenarjati. 2003. Kritik Sastra Feminis: Sebuah Pengantar. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Endraswara, Suwardi. 2004. Metodologi Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Widwatama.

Fananie, Zainuddin. 2002. Telaah Sastra. Surakarta. Muhammadiyah University Press.

Jabrohim. 2012. Teori Penelitian Sastra. Yogyakarta. Pustaka Pelajar.

Minderop, Albertine. 2016. Psikologi Sastra: Karya Sastra, Metode, Teori, dan Contoh Kasus. Jakarta: Pustaka Obor.

Moleong, Lexy. 2016. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Najid. Moh. Mengenal Apresiasi Prosa Fiksi. Surabaya: University Press.

Nurgiyantoro, Burhan. 2013. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Ratna, Nyoman Kutha. 2013. Paradigma Sosiologi Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

.......... 2014. Teori, Metode, dan Teknik Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

.......... 2015. Teori, Metode, dan Teknik Penelitian Sastra dari Strukturalisme Hingga Postrukturalisme Prespektif Wacana Naratif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Saraswati, Ekarini. 2002. Sosiologi Sastra Sebuah Pemahaman Awal. Malang: UMM Press.

Sayuti, Suminto, A.1988. Dasar-Dasar Analisis Fiksi. Yogyakarta: LP3S.

Sofia, Adib. 2009. Aplikasi Kritikan Sastra Feminisme. Yogyakarta: Citra Pustaka.

Sudjiman, Panuti. 1988. Memahami Cerita Rekaan. Jakarta. Pustaka Jaya.

Sugihastuti. 2000. Wanita di Mata Wanita: Perspektif Sajak-Sajak Teoty Hearty. Bandung: Nuansa.

……… 2015. Kritik Sastra Feminis:Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Zaez, Mura Alfa. 2014. Cahaya Surga di Wajah Ibu. Jakarta: Rumah Orange.


PUBLISHED

2019-02-15

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 03 No. 02 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade