Pengaruh Model Think Pair Share didukung Media Film Animasi Terhadap Keterampilan Menulis Cerita Fabel Pada Siswa Kelas VII SMPN 2 Papar


Author (Penulis)

NUR HALIMAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.07.0072

Abstract

ABSTRAK Nur Halimah: Pengaruh Model Think Pair Share Didukung Media Film Animasi Terhadap Keterampilan Menulis Cerita Fabel Pada Siswa Kelas VII SMPN 2 Papar Tahun Pelajaran 2017/2018, Skripsi, Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP Universutas Nusantara PGRI Kediri, 2018. Mata Pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia merupakan salah satu mata pelajaran wajib yang diberikan di berbagai tingkat sekolah salah satunya adalah sekolah menengah pertama. Mata pelajaran ini memiliki aspek keterampilan berbahasa yaitu menyimak, berbicara, membaca dan menulis. Keempat aspek ini diupayakan mendapatkan porsi yang seimbang dalam sebuah kegiatan belajar mengajar. Kemampuan menulis cerita fabel merupakan proses yang memerlukan penggunaan bahasa secara kompleks. Untuk itu, dalam menulis cerita fabel memerlukan model dan media pembelajaran. Model think pair share dengan media film animasi merupakan model dan media yang sesuai dengan kegiatan pembelajaran menulis cerita fabel. Model think pair share dengan media film animasi-nmemiliki beberapa kelebihan salah satunya siswa menjadi lebih aktif dalam berpikir mengenai konsep dalam mata pelajaran dan media film animasi memiliki gambar yang dapat bergerak dan bersuara sehingga mampu menarik perhatian siswa. Penelitian dibatasi pada kemampuan menulis cerita fabel dengan memperhatikan 1) kesesuaian isi kerangka cerita dengan tema 2) pengembangan dan kelengkapan cerita berdasarkan unsur intrinsik (judul, amanat, tokoh, watak, latar, alur), 3) kesesuaian alur cerita, 4) penggunaan diksi/pilihan kata, 5) penulisan ejaan. Untuk itu, secara umum tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran objektif tentang pengaruh model think pair share dengan media film animasi terhadap keterampilan menulis cerita fabel siswa kelas VII SMPN 2 Papar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan mengguanakan desain Nonequivalent Control Group Design. Seluruh siswa kelas VII SMPN 2 Papar berlaku sebagai populasi. Sampel penelitian adalah kelas VII G sebagai kelompok kelas kontrol dan kelas VII H sebagai kelas eksperimen. Pengambilan kedua kelas tersebut sebagai sampel menggunakan teknik purposive sampling. Variabel dalam penelitian ini adalah variabel bebas yaitu model think pair share dengan media film animasi dan variabel terikat yaitu menulis ceita fabel. Penelitian ini menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial dengan uji-t menggunakan program SPSS 21.0. Analisis data kemampuan menulis cerita fabel menggunakan model think pair share tanpa didukung media film animasi memperolehan nilai rata-rata dari hasil post test nilai kontrol 60,84 yang artinya nilai tersebut kurang dari KKM (75). Adapun kemampuan menulis cerita fabel menggunakan model think pair share didukung media film animasi memperolehan nilai rata-rata dari hasil post test nilai kontrol 82,19 yang artinya nilai tersebut diatas nilai KKM (75). Dengan demikian siswa kelas VII SMPN 2 Papar yang pembelajaran menulis cerita fabel menggunakan model think pair share dengan media film animasi lebih baik dibandingkan pembelajaran dengan model think pair share tanpa dibantu dengan media film animasi. Berdasarkan dari hasil analisis menggunakan statistik inferensial, diperoleh nilai t_(hitung )4.041 ? t_(tabel )5% 2,002 dan Sig 2-tailed 0,000< 0,005. Hal ini menunjukkan bahwa (Ha) diterima dan (Ho) ditolak. Maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan model think pair share dengan media film animasi terhadap keterampilan menulis cerita fabel siswa kelas VII SMPN 2 Papar Kata Kunci : Model Think Pair Share, Media Film Animasi, Keterampilan Menulis Cerita Fabel.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2018-02-16

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 08 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI