ANALISIS PEMAKAIAN GAYA BAHASA DAN TEKNIK VISUALISASI PROMOSI IKLAN DETERGEN PAKAIAN DI MEDIA TELEVISI


Author (Penulis)

INTAN MEGAWATI RATNASARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.07.0056

Abstract

ABSTRAK Intan Megawati Ratnasari (13.1.01.07.0056) : Analisis Pemakaian Gaya Bahasa dan Teknik Visualisasi Promosi Iklan Detergen Pakaian di Media Televisi, Skripsi, Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Nusantara PGRI Kediri, 2018. Iklan merupakan alat komunikasi untuk menyampaikan informasi mengenai barang atau jasa. Iklan di televisi mudah ditangkap informasinya dan dianggap lebih menarik, karena berupa audio visual. Penelitian ini membahas Gaya Bahasa dan Teknik Visualisasi Iklan Detergen di Televisi, dengan pertanyaan penelitian sebagai berikut. 1) Bagaimanakah deskripsi gaya bahasa pada iklan detergen di televisi? 2) Bagaimanakah deskripsi teknik visualisasi pada iklan detergen di televisi? Sesuai pertanyaan penelitian, tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan gaya bahasa dan teknik visualisasi pada iklan detergen. Iklan memiliki bahasa yang menarik dan mudah diingat, sehingga calon pembeli melakukan pembelian. Bahasa iklan untuk mempromosikan produk detergen tidak hanya berupa kata-kata atau kalimat, tetapi juga berupa bahasa tubuh atau gerak-gerik. Sehingga peneliti menganalisis gaya bahasa dan teknik visualisasi iklan detergen. Penggunaan gaya bahasa: 1) asidenton, 2) kiasmus, 3) eufemismus, 4) prolepsis, 5) erotesis, 6) dan hiperbol. Sedangkan penggunaan teknik visualisasi/daya tarik: daya tarik informatif dan daya tarik gabungan. Pendekatan dalam penelitian ini yaitu, secara teoretis dan secara metodologi. Secara teoretis menggunakan pendekatan pragmatik, yaitu menganalisis iklan detergen mengenai gaya bahasa dan teknik visualisasi. Jadi menganalisis percakapan dan konteksnya. Secara metodologi menggunakan pendekatan kualitatif, karena data yang diperoleh adalah data deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa deskripsi gaya bahasa dalam iklan detergen yaitu penggunaan gaya bahasa asindeton, yang merupakan memampatan kalimat secara padat. Gaya bahasa kiasmus merupakan gaya bahasa yang klausanya seimbang tetapi dipertentangkan. Kalimat efemismus merupakan penggunaan bahasa yang diperhalus. Gaya bahasa prolepsis yaitu, lebih mendahulukan kata-kata sebelum peristiwa inti. Gaya bahasa erotesis merupakan kalimat pertanyaan yang tidak memerlukan jawaban. Sedangkan gaya bahasa hiperbol merupakan bahasa yang menyatakan sesuatu secara berlebihan. Teknik visualisasi dalam iklan detergen berupa daya tarik informatif dan daya tarik gabungan. Daya tarik informatif merupakan daya tarik yang menekankan pada aspek fungsional, manfaat serta kelebihan produk. Daya tarik gabungan merupakan daya tarik yang mempertimbangkan aspek fungsional serta manfaat jika dilihat dari segi kedekatan kebutuhan. Kata Kunci : Gaya Bahasa dan Teknik Visualisasi

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2018-02-15

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 06 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI