PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN STIK PANTUN BERANTAI TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS PANTUN SISWA KELAS XI SMK PGRI 4 KOTA KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2016-2017


Author (Penulis)

LAILATUL RODI';AH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.07.0053

Abstract

LAILATUL RODI’AH, Pengaruh Media Pembelajaran Stik Pantun Berantai terhadap Kemampuan Menulis Pantun Siswa Kelas XI SMK PGRI 4 Kota Kediri Tahun Pelajaran 2016-2017, Skrpsi, Universitas Nusantara PGRI Kediri, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, September 2017. Kata Kunci: Media Pembelajaran, Stik pantun berantai, Keterampilan menulis pantun. Keterampilan menulis dalam pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia merupakan kegiatan yang kompleks. Begitu pula dengan kegiatan menulis sastra (pantun), yang sering disampaikan dengan penggunaan media yang kurang. Hal ini mengakibatkan siswa merasa bosan dan motivasi belajar sastra menurun. Oleh karena itu, perlu adanya sebuah inovasi dalam pembelajaran sastra Indonesia, khususnya dalam materi menulis pantun. Salah satunya dengan media stik pantun berantai. Stik yang sangat mudah dijumpai dengan inovasi dari guru untuk menempelkan sebuah larik pantun, dapat merangsang siswa dalam membuat pantun yang utuh dan baik. Berdasarkan permasalahan tersebut, tujuan secara umum penelitian ini untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran stik pantun berantai siswa kelas XI SMK PGRI 4 Kota Kediri tahun pelajaran 2016-2017. Adapun secara khusus, penelitian ini bertujuan: (1) mendeskripsikan kemampuan menulis pantun siswa kelas XI SMK PGRI 4 Kota Kediri tahun pelajaran 2016-2017 yang pembelajarannya menggunakan media pembelajaran stik pantun berantai; (2) mendeskripsikan kemampuan menulis pantun siswa kelas XI SMK PGRI 4 Kota Kediri tahun pelajaran 2016-2017 yang pembelajarannya tanpa menggunakan media pembelajaran stik pantun berantai; (3) mendeskripsikan pengaruh media pembelajaran stik pantun berantai terhadap kemampuan menulis pantun siswa kelas XI SMK PGRI 4 Kota Kediri tahun pelajaran 2016-2017. Dalam penelitian ini terdapat dua variabel yaitu: (1) penerapan media pembelajaran stik pantun berantai dan (2) kemampuan menulis pantun. Indikator penelitian ini yaitu kesesuaian isi pantun dengan tema dan amanat, pemilihan kata, gaya bahasa, persajakan pantun, penyusunan sampiran dan isi pantun. Teori yang melandasi penelitian ini meliputi: (1) keterampilan menulis; (2) Materi Pantun; (3) media pembelajaran stik pantun berantai; (4) penerapan media pembelajaran stik pantun berantai dalam pembelajaran menulis pantun. Adapun hipotesis penelitian ini yaitu hipotesis kerja (Ha) yang menyatakan ada pengaruh penggunaan media pembelajaran stik pantun berantai terhadap peningkatan kemampuan menulis/memproduksi pantun siswa kelas XI SMK PGRI 4 Kota Kediri tahun pelajaran 2016-2017, sedangkan (Ho) tidak ada pengaruh penggunaan media pembelajaran stik pantun berantai terhadap peningkatan kemampuan menulis/memproduksi pantun siswa kelas XI SMK PGRI 4 Kota Kediri tahun pelajaran 2016-2017. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juni sampai September 2017. Populasi penelitian ini mencakup seluruh siswa kelas XI SMK PGRI 4 Kota Kediri tahun pelajaran 2016-2017. Dengan teknik Random Sampling, diperoleh sampel penelitian pada siswa kelas XI- TSM 2 sebagai kelompok eksperimen dan siswa kelas XI – TSM 3 sebagai kelompok kontrol. Untuk mendapatkan data digunakan teknik uji t atau t tes. Penelitian ini menggunakan instrumen tes subjektif berbentuk uraian bebas. Adapun teknik pengumpulan data penelitian ini melalui teknik tes dengan langkah-langkah pengumpulan data sebagai berikut. (1) Pelaksanaan tes; (2) pengoreksian skor ke dalam tabel; (3) penyekoran; dan (4) pencatatan skor ke dalam tabel. Teknik analisis penelitian ini melalui dua tahap. Tahap pertama menggunakan teknik analisis statistik deskripstif untuk mendeskripsikan kemampuan menulis pantun siswa kelas XI SMK PGRI 4 Kota Kediri tahun pelajaran 2016-2017 yang pembelajarannya menggunakan media pembelajaran stik pantun berantai dan mendeskripsikan kemampuan menulis pantun siswa kelas XI SMK PGRI 4 Kota Kediri tahun pelajaran 2016-2017 yang pembelajarannya tanpa menggunakan media pembelajaran stik pantun berantai. Adapun tahap kedua menggunakan teknik analisis statistik inferensial parametris untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan media pembelajaran stik pantun berantai terhadap kemampuan menulis pantun siswa kelas XI SMK PGRI 4 Kota Kediri tahun pelajaran 2016-2017. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh penggunaan media pembelajaran stik pantun berantai terhadap kemampuan menulis pantun siswa kelas XI SMK PGRI 4 Kota Kediri tahun pelajaran 2016-2017. Hal ini didasarkan pada hasil analisis data dengan uji t bahwa t hitung (4,258) > t tabel (2,660), dengan taraf signifikan 1%, maka pengaruh tersebut dikatakan signifikan. Bisa disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran stik pantun berantai sangat berpengaruh tehadap kemampuan menulis pantun siswa dibandingkan dengan tanpa menerapkan media pembelajaran stik pantun berantai.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2018-02-15

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 06 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI