Pengaruh Metode Kata Mengalir Berbantuan Media Konkret Terhadap Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas VIII SMPN 8 Kediri


Author (Penulis)

LENI ISLAMAWATI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.07.0046

Abstract

ABSTRAK Leni Islamawati 13.1.01.07.0046: Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Menengah Pertama dalam pembelajan menulis puisi perlu perhatian karena masih banyak siswa yang merasa kesulitan dalam menulis puisi. Permasalahan tersebut didominasi oleh pembelajaran yang berpusat pada guru. Akibatnya suasana di kelas menjadi monoton, pasif, dan membosankan. Hal tersebut terlihat pada kemampuan siswa dalam memahami materi yang diberikan oleh guru belum maksimal. Permasalahan peneliti ini adalah.1) Bagaimana kemampuan siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Kediri dalam pembelajaran menulis sebuah puisi dengan menggunakan metode kata mengalir tanpa berbantuan media konkret? 2) Bagaimana kemampuan siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Kediri dalam pembelajaran menulis sebuah puisi dengan menggunakan metode kata mengalir berbantuan media konkret? 3) Adakah pengaruh penggunaan metode kata mengalir berbantuan media konkret terhadap kemampuan menulis puisi siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Kediri? Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian ini termasuk penelitian eksperimen dengan populasi penelitian 374 siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Kediri. Pemilihan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Teknik penentuan sampel ini ditulis dengan pertimbangan kelas populasi penelitian tidak seragam, karena perbedaan kelas yaitu reguler dan akselerasi. Penelitian ini menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial dengan uji-t menggunakan program SPSS 21 for windows. Kesimpulan hasil penelitian ini bahwa. 1) Kemampuan menulis puisi menggunakan metode kata mengalir tanpa berbantuan media konkret siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Kediri dinyatakan belum tercapai secara maksimal. Hal ini dibuktikan dari data perolehan nilai rata-rata siswa mendapatkan nilai 74,00 di bawah KKM (75), 2) kemampuan menulis puisi menggunakan metode kata mengalir berbantuan media konkret siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Kediri dinyatakan sudah tercapai secara maksimal. Hal ini dibuktikan dari data perolehan nilai rata-rata siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Kediri mendapatkan nilai 81,57 di atas KKM (75), 3) Ada pengaruh metode kata mengalir berbantuan media konkret terhadap kemampuan menulis puisi siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Kediri. Dari hasil analisis data statistik deskriptif, perolehan nilai rata-rata post tes kelas eksperimen sebanyak 81,57, sedangkan nilai rata-rata posttes kelompok kontrol 74,00. Hal ini selaras dengan hasil analisis statistik inferensial yaitu nilai t_(hitung )4.041 > dari t_(tabel )5% 1,995 dan Sig 2-tailed 0,000< 0,005. Berdasarkan norma keputusan yang telah dibuat, maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Kata Kunci: Metode Kata Mengalir, Media Konkret, Kemampuan menulis puisi.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2018-02-15

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 06 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI