Kesantunan berbahasa siswa kelas X MA Islamiyah Sukoharjo Plemahan tahun pelajaran 2016/2017


Author (Penulis)

ELZA GALUH HERMASTUTI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.07.0042

Abstract

Abstrak Elza Galuh Hermastuti (13.1.01.07.0042) : Kesantunan Berbahasa Siswa Kelas X MA Islamiyah Sukoharjo Plemahan Tahun Pelajaran 2016/2017, Skripsi, Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Nusantara PGRI Kediri, 2018. Penelitian ini melatarbelakangi hasil pengamatan tuturan siswa di lingkungan MA Islamiyah Sukoharjo. Penelitian ini membehas mengenai tindak tutur kesantunan siswa dalam berkomunikasi sehari – hari dengan pertanyaan penelitian sebagai berikut (1) Bagaimanakah deskripsi maksim kebijaksanaan siswa MA Islamiyah Sukoharjo Plemahan? (2) Bagaimanakah deskripsi maksim kedermawaan siswa MA Islamiyah Sukoharjo Plemahan? (3) Bagaimanakah deskripsi maksim penghargaan siswa MA Islamiyah Sukoharjo Plemahan? (4) Bagaimanakah deskripsi maksim kesederhanaan siswa MA Islamiyah Sukoharjo Plemahan? (5) Bagaimanakah deskripsi maksim kecocokan siswa MA Islamiyah Sukoharjo Plemahan? (6) Bagaimanakah deskripsi maksim kesimpatian siswa MA Islamiyah Sukoharjo Plemahan? Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan pragmatik. Sumber data yang digunakan adalah tuturan siswa MA Islamiyah Sukoharjo Plemahan tahun pelajaran 2016/2017. Prosedur pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode simak, sedangkan teknik untuk pengumpulan data menggunakan teknik simak libat cakap, teknik rekam, teknik catat. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik deskriptif kualitatif . Berdasarkan analisis dapat disimpulkan beberapa hal. Pertama, ditemukan penyimpangan terhadap prinsip kesantunan. Penyimpangan terhadap prinsip kesantunan ditemukan pada banyak data dan meliputi beberapa maksim (lima maksim). Penyimpangan paling banyak ialah terhadap maksim penghargaan dan maksim permufakatan, yang diikuti oleh maksim kesederhanaan dan maksim kedermawanan. Kedua, tidak ditemui penyimpangan pada maksim kesimpatian. Kata kunci : Kesantunan, Tuturan Siswa.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2018-02-15

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 03 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI