TINDAK TUTUR ILOKUSI PADA PELAYANAN DI KANTOR KELURAHAN CAMPUREJO KECAMATAN MOJOROTO KOTA KEDIRI


Author (Penulis)

NUNGKI AYUNING PRASTIWI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.07.0024

Abstract

Nungki Ayuning Prastiwi: Tindak Tutur Ilokusi pada Pelayanan di Kantor Kelurahan Campurejo Kecamatan Mojoroto Kota Kediri, Skripsi, FKIP UN PGRI Kediri 2017. Penelitian yang berjudul Tindak Tutur Ilokusi pada Pelayanan di Kantor Kelurahan Campurejo Kecamatan Mojoroto Kota Kediri, dilatarbelakangi usaha mendukung perbaikan dan peningkatan proses pelayanan publik di kantor Kelurahan yang pada umumnya memiliki stigma pelayanan yang kurang baik atau kurang menyenangkan bagi sebagian kalangan masyarakat. Melalui tindak tutur ilokusi, lawan tutur akan lebih memahami maksud dari lawan tutur dan bertindak seperti yang penutur harapkan. Untuk itu, petugas pelayanan harus pandai berkomunikasi dan pandai memanfaatkan bahasa agar dalam proses pelayanan masyarakat bisa maksimal. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah deskripsi tindak tutur ilokusi asertif pada pelayanan di Kantor Kelurahan Campurejo? (2) Bagaimanakah deskripsi tindak tutur ilokusi direktif pada pelayanan di Kantor Kelurahan Campurejo? (3) Bagaimana deskripsi tindak tutur komisif pada pelayanan di Kantor Kelurahan Campurejo? (4) Bagaimana deskripsi ekspresif pada pelayanan di Kantor Kelurahan Campurejo? Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan pragmatik. Instrumen penelitian ini adalah diri peneliti untuk memudahkan pengumpulan data dilengkapi alat perekam dan kartu data. Sumber data dalam penelitian ini diperoleh dari tuturan petugas pelayanan pada saat pelayanan masyarakat di kantor Kelurahan Campurejo Kecamatan Mojoroto Kota Kediri. Tuturan yang dipilih mengandung tindak tutur ilokusi yang meliputi konstantif, direktif, komisif, dan ekspresif. Penelitian ini bertujuan untuk me-deskripsikan wujud tindak tutur iloksui petugas pelayanan di kantor Kelurahan Campurejo dan pada akhirnya menghasilkan gambaran data yang ilmiah. Dari masing-masing wujud tindak tutur tersebut diperoleh informasi bahwa tindak tutur direktif merupakan tindak tutur terbanyak atau yang paling sering digunakan oleh petugas pelayanan di Kantor Kelurahan Campurejo Kecamatan Mojoroto Kota Kediri, yakni berjumlah sepuluh (10) data atau (64,3%), yang terdiri dari tindak tutur memerintah (requirements), bertanya (question), melarang (proladitives), dan menasehati (advising). Tindak tutur konstantif berjumlah empat (4) data atau (14,3 %) yaitu menyatakan (asertif), menginformasikan (informatif), mengizinkan (konsesif), dan menyarankan (suggesting). Tindak tutur komisif berjumlah tiga (3) data atau (10,7%), yaitu terdiri dari tindak tutur berjanji (promising), menawarkan sesuatu (offering). Tindak tutur ekspresif berjumlah tiga (3) data atau (10,7%), yaitu terdiri dari permintaan maaf (apologize), ucapan salam (greet), dan ucapan terimakasih (thank). Keempat wujud tindak tutur ilokusi pada pelayanan di Kantor Kelurahan Campurejo Kecamatan Mojoroto Kota Kediri direalisasikan dalam bentuk kalimat tanya, kalimat perintah, dan kalimat berita. Dari ketiga masing-masing bentuk kalimat tersebut kalimat perintah merupakan kalimat terbanyak yaitu sembilan (9) data. Kata kunci: Tindak tutur ilokusi, pelayanan di kantor Kelurahan, pelayanan di kantor Kelurahan Campurejo Kecamatan Mojoroto Kota Kediri.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2018-02-20

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 04 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI