ABSTRAK
Ika Candra Ayu Puspita: Nilai-nilai Pendidikan Karakter dalam Novel Rumah Tanpa Jendela Karya Asma. Skripsi. PBSI FKIP UN PGRI Kediri, 2018.
Karya sastra merupakan hasil pemikiran manusia yang disampaikan mealui media bahasa. Karya sastra berfungsi untuk memberikan hiburan dan memberikan penerangan terhadap pengalaman kehidupan manusia. Membaca karya sastra berarti menikmati cerita, menghibur diri untuk memperoleh kepuasan batin. Selain itu, dengan membaca karya sastra pembaca dapat merasakan dan menghayati berbagai permasalahan kehidupan. Alasan mengapa peneliti penyusun skripsi yang berjudul Nilai-nilai Pendidikan Karakter Dalam Novel Rumah Tanpa Jendela Karya Asma Nadia.
Sesuai dengan judul analisis, maka permasalahan dapat dirumuskan sebagai berikut: 1) Bagaimanakah deskripsi aspek struktural meliputi: tema, penokohan, dan perwatakan , konflik pada novel rumah tanpa jendela karya asma nadia? 2) Bagaimanakah deskripsi nilai pendidikan karakter meliputi: kejujuran, bertanggung jawab, bergaya hidup sehat, disiplin, kerja keras, percaya diri, berjiwa wirausaha, kreatif, inovatif, mandiri, ingin tahu dan cinta ilmu.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif dengan aspek pendidikan karakter kemudian disusul dengan analisis yang mengahsilkan data deskripsi berupa kata-kata tertulis. Tahap penelitian dibagi menjadi 3 yaitu tahap persiapan yang meliputi Merumuskan judul penelitian, Merumuskan rancangan penelitian, Mengumpulkan data. Tahap Pelaksanaan meliputi Menganalisis data, Penarikan Kesimpulan. Tahap Penyelesaian meliputi penyelesaian laporan, Revisi Laporan, Penggandaan Laporan, Penyerahan Laporan Penelitian. Sumber data diperoleh dari Novel Rumah Tanpa Jendela. Sedangkan teknik analisis data dilakukan dengan teknik analisis konten atau kajian isi, trigulasi data penelitian ini dilakukan untuk mengecek keabsahan data, dapat dilakukan dengan dua cara meliputi: trigulasi sumber dan trigulasi teknik. Berdasarkan hasil penelitian telah diperoleh simpulan sebagai berikut: struktur fisik dalam novel rumah tanpa jendela kejujuran, bertanggung jawab, bergaya hidup sehat, disiplin, kerja keras, percaya diri, berjiwa wirausaha, kreatif, inovatif, mandiri, ingin tahu dan cinta ilmu. Struktur batin dalam novel rumah tanpa jendela meliputi tema, penokohan , perwatakan dan konflik.
Sesuai dengan hasil penelitian ini dapat disarankan kepada pembaca sebagai bahan pertimbangan untuk menentukan sikap atau perilaku dalam kehidupan sehari-hari, dan bagi peneliti selanjutnya agar tidak hanya meneliti struktur dan nilai pendidikan karakter akan tetapi juga meneliti dampak dari novel rumah tanpa jendela.
KATA KUNCI: Aspek Struktural, Nilai-nilai Pendidikan Karakter
DAFTAR PUSTAKA
Aminuddin,2011. Pengantar Apresiasi Karya Sastra. Bandung:
Sinar Baru Argesindo.
Hadi, A.Suoedomo.2003. Pendiddika: Suatu Pengantar. Surakarta: UNS Press
Karmini, Ni Nyoman. 2011. Teori Pengkajian Prosa Fiksi dan Drama.
Minderop, Albbertine. 2010. Psikologi Sastra. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.
Nurgiantoro, Burhan. 2010. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada Universitas Pers.
Kasnadi, Sutejo.2009. Menulis Kreatif. Yogyakarta: Pustaka Felicha.
Kurniawan, Heru.2009. Sastra Anak. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Ratna, Nyoman Kutha.2011. Teori, Metode, Teknik Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Setiadi, Elly.M. 2006. Ilmu Sosial dan Budaya Dasar.Jakarta Kencana.
Sriwilujeng, Dyah.2017. Panduan Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter. Jakarta: Erlangga.
Samani, Muchlas dan Hariyanto. 2011. Konsep dan Model
Pendidikan Karakter. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Purba, Atilan.2010. Sastra Indonesia Konteporer. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Zubaedi.2011.Desain Pendidikan Karakte. Jakarta: Kencana.