PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN EXPERIENTIAL LEARNING DIDUKUNG MEDIA AUDIOVISUAL TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS PROSEDUR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 5 KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2017/2018


Author (Penulis)

FENDI ADHI SUSANTO
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.07.0017

Abstract

Fendi Adhi Susanto: Pengaruh Model Pembelajaran Experiential Learning Didukung Media Audiovisual Terhadap Keterampilan Menulis Teks Prosedur Siswa Kelas VII SMP Negeri 5 Kediri Tahun Pelajaran 2017/2018, Skripsi, Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP, UN-PGRI Kediri, 2017. Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti bahwa pembelajaran menulis teks prosedur di Sekolah Menengah Pertama Negeri 5 Kediri masih didominasi oleh pembelajaran yang berpusat pada guru dan buku. Akibatnya siswa merasa kesulitan dalam memahami pembelajaran secara utuh. Hal tersebut terlihat pada keterampilan siswa dalam menerapkan materi yang diberikan oleh guru belum maksimal. Keterampilan menulis dalam pembelajaran Bahasa Indonesia dapat dikategorikan lebih sulit dibandingkan keterampilan yang lain. Selain keterampilan ini haruslah produktif dan ekspresif, dalam kegiatan menulis ini penulis haruslah terampil memanfaatkan grafologi, struktur bahasa, dan kosa kata yang digunakannya. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah keterampilan menulis teks prosedur menggunakan model experiential learning tanpa didukung media audiovisual pada siswa kelas VII SMP Negeri 5 Kediri Tahun Pelajaran 2017/2018? (2) Bagaimanakah keterampilan menulis teks prosedur menggunakan model experiential learning didukung media audiovisual pada siswa kelas VII SMP Negeri 5 Kediri Tahun Pelajaran 2017/2018? (3) Adakah pengaruh penggunaan model experiential learning didukung media audiovisual terhadap keterampilan menulis teks prosedur siswa kelas VII SMP Negeri 5 Kediri Tahun Pelajaran 2017/2018? Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan subjek penelitian siswa kelas VII SMP Negeri 5 Kediri Tahun pelajaran 2017/2018. Adapun analisis data menggunakan teknik analisis statistik inferensial dengan uji-t, menggunakan program SPSS Versi-16. Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa: (1) Keterampilan menulis teks prosedur menggunakan model experiential learning tanpa didukung media audiovisual pada siswa kelas VII SMPN 5 Kediri dinyatakan rendah atau kurang mampu. Hal ini dibuktikan dari data perolehan nilai rata-rata siswa yang masih di bawah KKM, yaitu 77 < 78 (KKM). (2) Keterampilan menulis teks prosedur menggunakan model experiential learning dengan didukung media audiovisual pada siswa kelas VII SMPN 5 Kediri dinyatakan berhasil. Hal ini dibuktikan dari perolehan nilai rata-rata siswa yang sudah di atas KKM, yaitu 86 > 78 (KKM). (3) Ada pengaruh penggunaan model experiential learning didukung media audiovisual terhadap keterampilan menulis teks prosedur siswa kelas VII SMPN 5 Kediri. Hal ini dapat diketahui dari hasil analisis data yang diperoleh thitung > ttabel, yaitu 2,885 > 1,694 (t tabel). Kata Kunci : Model pembelajaran experiential learning, media audiovisual, keterampilan menulis teks prosedur.

Keyword

Model Pembelajaran experiential learning, media audiovisual, keterampilan menulis teks prosedur

Reference


PUBLISHED

2018-02-14

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 03 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade