PENGARUH PENGGUNAAN MODEL MIND MAPPING BERBANTUAN MEDIA GAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN NARASI SISWA KELAS X SMK KARTANEGARA KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2018/2019


Author (Penulis)

M. CHOIRUL ANWAR ANAS
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.07.0008

Abstract

                                                                 ABSTRAK

 

 

M. Choirul Anwar Anas: Pengaruh Penggunaan Model Mind Mapping Berbantuan Media Gambar Terhadap Kemampuan Menulis Karangan Narasi Siswa Kelas X SMK KartanegaraKediri Tahun Pelajaran 2018/2019, Skripsi, PBSI, FKIP, UN PGRI Kediri, 2018.

 

Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti bahwa pembelajaran menulis karangan narasi di SMK Kartanegara masih didominasi oleh pembelajaran yang berpusat pada guru.Akibatnya suasana kelas menjadi monoton, pasif dan membosankan.Hal tersebut terlihat pada kemampuan siswa dalam memahami materi yang diberikan oleh guru belum maksimal.Untuk itu perlu mamakai model dan media pembelajaran yang lebih menarik, salah satu model dan media pembelajaran yang dapat digunakan adalah model Mind Mapping berbantuan media gambar.

Permasalahan peneliti adalah (1) Bagaimanakah Kemampuan Menulis Karangan Narasi Menggunakan Model Mind Mapping Tanpa Didukung Media Gambar Siswa Kelas X SMK Kartanegara Kediri Tahun 2018/2019?

(2) Bagaimanakah Kemampuan Menulis Karangan Narasi Menggunakan Model Mind Mapping Didukung Media Gambar Siswa Kelas X SMK Kartanegara Kediri Tahun 2018/2019? (3) Adakah Pengaruh Penggunaan Model Mind Mapping Didukung Media Gambar Terhadap Kemampuan Menulis Karangan Narasi Siswa Kelas X SMK Kartanegara Kediri Tahun 2018/2019?

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, bentuk desain penelitian eksperimen semu (quasi eksperimental design), dengan subyek penelitian siswa kelas X-1 sebagai kelompok eksperimen dan siswa kelas X-2 sebagai kelompok kontrol.Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode tes tertulis, yaitu dengan tes menulis karangan narasi.Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data statistik deskriptif dan statistik inferensial dengan uji-t. Sebelum dilakukan uji-t tersebut maka dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas menggunakan program SPSS 16 for Windows.

Berdasarkan analisis data yang dilakukan disimpulkan bahwa: (1) Kemampuan Menulis Karangan Narasi Menggunakan Model Mind Mapping Tanpa Didukung Media Gambar Pada Siswa Kelas X-2 SMK Kartanegara Kediri, dinyatakan belum berhasil. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai rata-rata kelas adalah kurang dari KKM (75) yaitu74,57. (2) Kemampuan Menulis Karangan Narasi Menggunakan Model Mind Mapping Didukung Media Gambar Pada Siswa Kelas X-1 SMK Kartanegara Kediri, dinyatakan berhasil. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai rata-rata kelas adalah lebih dari KKM (75) yaitu 85,14. (3) Ada Pengaruh Model Mind Mapping Didukung Media Gambar Terhadap Kemampuan Menulis Karangan Narasi Pada Siswa Kelas X-1 SMK Kartanegara Kediri. Hal ini dapat dilihat dari perhitungan hasil perolehan thitung 6.754 > ttabel  64.427 yaitu dengan df 68.

 

Kata Kunci :Model Mind Mapping, Media Gambar, Kemampuan Menulis Narasi.

 


Keyword

a

Reference

DAFTAR PUSTAKA

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktik. (Edisi Revisi 2010). Jakarta : Rineka Cipta.

 

BSNP.2006 Model Silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran.Jakarta : Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar Dan Menengah, Depdiknas.

 

Budiningsih, Asri. 2005. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta.

 

Buzan, Tony. 2009. Buku pintar Mind Mapping. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

 

Cahyono, Adi Nur. 2008. Vygotskian Perspective: Proses Scaffolding untuk mencapai Zone of Proximal Development (ZPD) Peserta Didik. [Online].Tersedia:http://adinegara26me.wordpress.com/artikel/

(20 Desember 2012).

 

Cipsih. 2006. “Peningkatan Keterampilan Menulis Narasi dengan Menggunakan Strategi Peta Konsep pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Kersana Kabupaten Brebes”. Skripsi.UNY.

 

Dewi, Agustin Vera. 2011. Teori Belajar Konstruktivisme Vygotsky. [Online].Tersedia.08 Desember 2012 Depdiknas. 2003. Standar Kompetensi Dan Kompetensi Dasar Mata Pelajaran Bahasa Indonesia SMP/MTs. Jakarta : Depdiknas.

 

Syah, Muhibbin. 2003. Psikologi Belajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

 

Sudjana, Nana. 2005. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung : Sinar

            Baru Algensindo.

 

Sukardi.2011. Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensidan Praktiknya.Jakarta : PT.Bumi Aksara.

 

Suprijono, Agus. 2010. Cooperative Learning.Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

 

Keraf, Gorys. 2010. Argumentasi dan Narasi. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

 

Komalasari, Kokom. 2013. Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi.

            Bandung: PT. Refika Aditama.

 

Murtono.2010. Menuju Kemahiran Berbahasa Indonesia LangkahMaju Menulis Karya Ilmiah. Surakarta: UNS Press.

 

Muslich, Masnur. 2011. Melaksanakan PTK itu Mudah (Classroom Action Research) Pedoman Praktis Bagi Guru Profesional. Jakarta: Bumi Aksara.

 

Nurgiyantoro, Burhan. 2013. Penilaian Pembelajaran Bahasa Bebasis

            Kompetensi. Yogyakarta: BPFE.

 

Rosidi, Imron. 2009. Menulis Siapa Takut. Yogyakarta: Kanisius.Sugiyono.2010. Metode penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D.Bandung: Alfabeta.

 

Sugono, Dendy, dkk. 2011. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: PT

Gramedia Pustaka Utama.

 

Suprananto, Kusaeri. 2012. Pengukuran dan Penilaian Pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

 

Suprihatiningrum, Jamil. 2013. Strategi Pembelajaran: Teori & Aplikasi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Syarif, Elina, dkk. 2009. Pembelajaran Menulis. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Swadarma, Doni. 2013. Penerapan Mind Mapping dalam Kurikulum Pembelajaran. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

 

Tarigan, Henry Guntur. 2008. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan berbahasa.Bandung: Angkasa.

 


PUBLISHED

2018-08-23

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 09 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI