PENGARUH MODEL JIGSAW DIDUKUNG MEDIA VIDIO TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI PADA SISWA KELAS VII MTS HIDAYATUS SHOLIHIN KABUPATEN KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2017/2018


Author (Penulis)

WAHYU DIAN PUSPA RINI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.07.0004

Abstract

ABSTRAK WAHYU DIAN PUSPA RINI, Pengaruh Model Pembelajaran Jigsaw Didukung Media Vidio Terhadap Keterampilan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Pada Siswa Kelas VII Mts Hidayatus Sholihin Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2017/2018, Skripsi, Universitas Nusantara PGRI Kediri, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Progam Studi Bahasa dan Sastra Indonesia, Desember 2017. Kata Kunci: model pembelajaran Jigsaw, media vidio, kemampuan menulis teks laporan hasil observasi. Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti bahwa pembelajaran Bahasa Indonesia pada keterampilan menulis masih menggunakan model konvensional yang berpusat pada guru. Akibatnya suasana pembelajaran menjadi pasif dan kurang menarik. Hal tersebut berdampak pada kemampuan menulis siswa yang cenderung rendah dan kurang maksimal. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah kemampuan menulis teks laporan hasil observasi menggunakan model Jigsaw tanpa didukung media vidio siswa kelas VII Mts Hidayatus Sholihin Kabupaten Kediri tahun 2017/2018? (2) Bagaimanakah kemampuan menulis teks laporan hasil observasi menggunakan model Jigsaw didukung media vidio siswa kelas VII Mts Hidayatus Sholihin Kabupaten Kediri tahun 2017/2018? (3) Adakah pengaruh penggunaan model Jigsaw didukung media vidio terhadap kemampuan menulis siswa kelas VII Mts Hidayatus Sholihin Kabupaten Kediri tahun 2017/2018? Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan menggunakan teknik penelitian eksperimen semu (Quasi Eksperimental) dengan desain Nonequivalent Control Group. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII Mts Hidayatus Sholihin Kediri. Penelitian ini menggunakan teknik penelitian analisis statistik inferensial dengan menggunakan progam SPSS versi 21.0. Statistik inferensial yang digunakan adalah uji-t. Uji normalitas dan uji homogenitas dilakukan sebagai prasyarat sebelum melakukan uji-t. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Kemampuan menulis teks laporan hasil observasi menggunakan model Jigsaw tanpa didukung media vidio pada siswa kelas VII Mts Hidayatus Sholihin Kediri masih rendah. Hal ini dibuktikan dari perolehan nilai rata-rata siswa yang masih dibawah KKM, yaitu 71 < 75. (2) Kemampuan menulis teks laporan hasil observasi menggunakan model Jigsaw didukung media vidio pada siswa kelas VII Mts Hidayatus Sholihin Kediri masih rendah. Hal ini dibuktikan dari perolehan nilai rata-rata siswa yang masih dibawah KKM, yaitu 81 > 75. (3) Ada pengaruh penggunaan model Jigsaw didukung media vidio terrhadap keterampilan menulis siswa kelas VII Mts Hidayatus Sholihin Kediri tahun pelajaran 2017-2018. Hal ini didasarkan pada hasil analisis data dengan uji t bahwa t-hitung (5.191) > t-tabel (1.997), dengan taraf signifikan 5%, maka pengaruh tersebut dikatakan signifikan. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, diharapkan pendidik dapat menerapkan model pembelajaran dan media pembelajaran agar dapat menarik minat siswa dalam kegiatan pembelajaran, serta membantu siswa untuk lebih memahami materi.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2018-02-16

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 08 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI