PENANDA KOHESI GRAMATIKAL DAN LEKSIKAL IKLAN DETERGEN DI TELEVISI


Author (Penulis)

IIS PUTRI HARTAMI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.07.0003

Abstract

Iis Putri Hartami: Penanda Kohesi Gramatikal dan Leksikal Iklan Detergen di Televisi, Skripsi, Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Nusantara PGRI Kediri, 2018. Iklan merupakan berita atau pesan baik lisan maupun tertulis untuk memasarkan sebuah produk yang gunanya mendorong atau membujuk khalayak ramai agar tertarik dan membeli barang dan jasa yang ditawarkan. Iklan juga berfungsi sebagai bentuk komunikasi yang membujuk orang untuk mengambil tindakan yang menguntungkan bagi pembuat iklan. Dapat dikatakan iklan telah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari yang kehadirannya nyaris tidak pernah disadari bahwa iklan ada di segala tempat. Pemasaran iklan dapat disebarkan melalui media teknologi baik cetak, media elektronik, maupun media luar ruangan. Dengan demikian memudahkan masyarakat untuk lebih cepat menerima informasi yang dibutuhkan. Sebagai suatu model wacana, iklan merupakan sebuah model komunikasi yang khas, karena dengan kekhasannya tersebut membedakannya dengan bentuk komunikasi wacana tulis atau lisan yang lain. Wacana harus utuh dan padu, mengandung aspek kohesi dan koherensi. Hal ini sesuai dengan apa yang dikatakan oleh Mulyana (2005: 25), “Wacana yang utuh adalah wacana yang lengkap, yaitu mengandung aspek-aspek yang terpadu dan menyatu. Aspek yang dimaksud adalah aspek kohesi dan koherensi.” Moeliono (dalam Mulyana. 2005: 26) menyatakan bahwa wacana yang baik dan utuh mensyaratkan kalimat-kalimat yang kohesif. Kohesi wacana terbagi di dalam dua aspek, yaitu kohesi gramatikal dan kohesi leksikal. Kohesi gramatikal antara lain adalah referensi, subtitusi, elipsis, konjungsi, sedangkan yang termasuk kohesi leksikal adalah repetisi, sinonimi, kolokasi. Dapat disimpulkan bahwa wacana yang baik adalah wacana yang utuh dan lengkap, yang mengandung kohesi dan koherensi. Penelitian ini memfokuskan permasalahan pada penanda kohesi gramatikal dan kohesi leksikal pada iklan detergen di televisi. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan penanda kohesi gramatikal dan iklan detergen di televisi dan mendeskripsikan penanda kohesi leksikal dan iklan detergen di televisi. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif yang mendeskripsikan penanda kohesi gramatikal dan leksikal iklan detergen di televisi. Pendekatan mikrostruktural digunakan dalamm penelitian ini, yang melihat bahwa wacana dibentuk dari struktur lahir yang mencakup gramatikal, sedangkan segi makna adalah struktur batin bahasa yang mencakup aspek leksikal. Prosedur pengumpulan data pada penelitian ini adalah rekam, simak libat cakap, dan catat. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa wacana iklan detergen di televisi sudah padu. Hal itu ditandai dengan adanya penanda kohesi gramatikal dan leksikal. Kohesi grammmatikal adalah kohesi yang mmelibatkan struktur bentuk atau struktur lahir dari sebuah wacana, sedangkan kohesi leksikal adalah hubungan antara bagian-bagian wacana untuk mendapatkan keserasian struktur kohesif. Penanda kohesi grammatikal yaitu: (1) kohesi pengacuan (referensi), (2) substitusi, (3) pelepasan (elipsis), dan (4) konjungsi. Kemudian penanda kohesi leksikal yaitu: (1) repitisi, (2) sinonimmi, (3) antonimi, dan (4) kolokasi. Berdasarkan hasil kesimpulan pada penelitian ini dapat dijadikan bahan masukan berguna dalam beberapa bidang antara lain, bagi mahasiswa untuk menambah materi dan referensi tentunya yang berkaitan dengan studi Bahasa Indonesia mengenai penanda kohesi gramatikal dan leksikal pada wacana iklan di televisi. Bagi guru atau pendidik untuk lebih mudah memahami dan menerapkan penanda kohesi gramatikal dan leksikal dalam kegiatan belajar mengajar. Kemudian bagi peneliti selanjutnya, diharapkan dapat menambah pengetahuan mengenai penanda kohesi gramatikal dan leksikal pada wacana iklan. Kemudian dapat menambah kajian yang lebih mendalam mengenai analisis penanda kohesi gramatikal dan leksikal pada wacana iklan detergen di televisi. Kata Kunci : kohesi gramatikal, kohesi leksikal, iklan.

Keyword

kohesi gramatikal, kohesi leksikal, iklan

Reference


PUBLISHED

2018-02-15

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 06 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade