PENGARUH MODEL JIGSAW DIDUKUNG MEDIA AUDIOVISUAL TERHADAP KEMAMPUAN MENYIMAK PENALARAN SIMPULAN SISWA KELAS XI AKUNTANSI SMKN 2 KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2017/2018


Author (Penulis)

YOGA RADITYA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.07.0002

Abstract

Yoga Raditya: Pengaruh Model Jigsaw Didukung Media Audiovisual terhadap Kemampuan Menyimak Penalaran Simpulan Siswa Kelas XI Akuntansi SMKN 2 Kediri Tahun Pelajaran 2017/2018, Skripsi, PBSI, FKIP, UN PGRI Kediri, 2017. Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti bahwa pembelajaran Bahasa Indonesia pada keterampilan menyimak masih menggunakan metode konvensional yang berpusat pada guru. Akibatnya suasana pembelajaran menjadi pasif dan tidak menarik. Hal tersebut berdampak pada kemampuan menyimak siswa yang cenderung rendah dan kurang maksimal. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah kemampuan menyimak penalaran simpulan menggunakan model jigsaw tanpa didukung media audiovisual siswa kelas XI Akuntansi SMKN 2 Kediri tahun 2017/2018? (2) Bagaimanakah kemampuan menyimak penalaran simpulan menggunakan model jigsaw didukung media audiovisual siswa kelas XI Akuntansi SMKN 2 Kediri tahun 2017/2018? (3) Adakah pengaruh penggunaan model jigsaw didukung media audiovisual terhadap kemampuan menyimak penalaran simpulan siswa kelas XI Akuntansi SMKN 2 Kediri tahun 2017/2018?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan menggunakan teknik penelitian eksperimen semu (Quasi Eksperimental) dengan desain Nonequivalent Control Group. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI Akuntansi SMKN 2 Kediri. Penelitian ini menggunakan teknik analisis statistik inferensial dengan menggunakan program SPSS versi 20. Statistik inferensial yang digunakan adalah uji-t. Uji normalitas dan uji homogenitas dilakukan sebagai prasyarat Sebelum melakukan uji-t. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Kemampuan menyimak penalaran simpulan menggunakan model jigsaw tanpa didukung media audiovisual pada siswa kelas XI Akuntansi SMKN 2 Kediri dinyatakan rendah atau kurang mampu. Hal ini dibuktikan dari data perolehan nilai rata-rata siswa yang masih di bawah KKM, yaitu 76 < 78 (KKM). (2) Kemampuan menyimak penalaran simpulan dengan menggunakan model jigsaw didukung media audiovisual pada siswa kelas XI Akuntansi SMKN 2 Kediri dinyatakan tinggi atau sudah mampu. Hal ini dibuktikan dari perolehan nilai rata-rata siswa yang sudah di atas KKM, yaitu 87 > 78. (3) Ada pengaruh kemampuan menyimak penalaran simpulan dengan menggunakan model jigsaw didukung media audiovisual pada siswa kelas XI Akuntansi SMKN 2 Kediri. Hal ini dapat diketahui melalui hasil analisis data dengan uji-t yang menunjukkan adanya pengaruh pada taraf signifikan 5% (0,05) diperoleh hasil t_hitung > t_tabel, yaitu 10,870 > 1.688. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, diharapkan pendidik dapat menerapkan model pembelajaran dan media pembelajaran. Penggunaan model pembelajaran dan media pembelajaran dapat menarik minat siswa dalam kegiatan pembelajaran serta membantu siswa untuk lebih memahami materi. Kata kunci: model kooperatif jigsaw, media audiovisual, kemampuan menyimak penalaran simpulan

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2018-02-15

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 06 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI