PENINGKATAN HASIL BELAJAR BIOLOGI PADA MATERI SISTEM GERAK TUMBUHAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY YANG DIPADU DENGAN PERMAINAN KUIS TAK TIK BOOM
Author (Penulis)
SUYITNO
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
13.1.01.06.0094
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan karena dilatarbelakangi oleh kondisi siswa yang tidak mendukung terhadap kegiatan pembelajaran selama ini. Materi gerak tumbuhan yang selalu mendapatkan nilai rata-rata ulangan paling rendah diantara materi yang lain, kondisi siswa yang pasif terhadap pembelajaran, siswa tidak tertarik dalam pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas VIII E pada materi sistem gerak tumbuhan dengan menggunakan model discovery dan permainan kuis tak tik boom.
Penelitian ini menggunakan model PTK Kemmis and Tagart, setiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Apabila di akhir siklus hasil yang didapatkan belum sesuai dengan indikator keberhasilan yang disepakati dengan kolaborator yaitu ketuntasan klasikal minimal 85% dengan nilai KKM 75, maka tindakan dilanjutkan pada siklus berikutnya dengan beberapa perbaikan berdasarkan hasil refleksi pada siklus sebelumnya.
Dari hasil penelitian menunjukkan peningkatan hasil belajar yaitu pada siklus I mencapai ketuntasan klasikal 73% dan siklus II mencapai 88%. Sulitnya materi gerak tumbuhan bisa dipecahkan dengan menemukan sendiri pemecahan masalah dan memperdalam penguasaan konsep dengan permainan kuis tak tik boom yang menyenangkan dan menantang.
Berdasarkan hasil analisis data didapatkan hasil bahwa dengan menggunakan model pembelajaran discovery yang dipadu dengan permainan kuis tak tik boom dapat meningkatkan hasil belajar pada materi sistem gerak tumbuhan pada siswa kelas VIII E SMPN 2 Ngunut tahun pelajaran 2014/2015