PENERAPAN METODE RQA DENGAN PENDEKATAN SCIENTIFIC UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VII G SMP N 2 KEDUNGWARU TULUNGAGUNG TAHUN PELAJARAN 2014/2015 PADA MATERI SALING KETERGANTUNGAN DALAM EKOSISTEM


Author (Penulis)

SUYATMIATI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.06.0093

Abstract

ABSTRAK SUYATMIATI. “Penerapan Metode RQA dengan Pendekatan Scientific untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas VII G SMP N 2 Kedungwaru Tulungagung Tahun Pelajaran 2014/2015 pada materi Saling Ketergantungan Dalam Ekosistem”. Program Studi Pendidikan Biologi FKIP UNP KEDIRI. Januari 2015. Kata kunci : metode RQA, pendekatan scientific, aktivitas belajar, hasil belajar. Menurut hasil pengamatan penulis prestasi pelajaran IPA siswa kelas VII-G SMP N 2 Kedungwaru Tulungagung masih rendah, di bawah prestasi belajar kelas yang lain. Kedaan tersebut menunjukkan bahwa kualitas proses pembelajaran IPA di kelas VII-G masih perlu dioptimalkan, sehingga aktifitas dan prestasi belajar siswa dapat maksimal. Rendahnya aktifitas dan prestasi belajar siswa tersebut dipengaruhi oleh banyak faktor, antara lain pendekatan atau metode yang digunakan guru dalam proses belajar mengajar. Selama ini penyampaian materi pelajaran oleh guru dilakukan dengan metode ceramah sehinggga proses pembelajaran terpusat pada guru (teacher centered) dan siswa bersifat pasif. Minat siswa untuk membaca materi pelajaran sangat minim. Peneliti ingin mengembangkan pembelajaran dengan situasi yang memungkinkan siswa mengalami sendiri atau berperan aktif pada saat KBM berlangsung agar hasilnya bisa maksimum. Oleh karena itu peneliti menggabungkan metode RQA dengan pendekatan scientific dalam proses pembelajaran, dengan langkah: 1). Mengamati/membaca materi yang ditugaskan, 2). Membuat pertanyaan dari materi yang telah dibaca, 3). Menjawab pertanyaan yang telah dibuatnya, 4) mengkomunikasikan hasilnya di depan kelas. Subyek dan tempat dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII G SMPN 2 Kedungwaru Tulungagung Tahun Pelajaran 2014/2015 pada materi ”Saling Ketergantungan dalam Ekosistem”. Penelitian dilakukan selama bulan Januari sampai Juni 2015 dengan menggunakan instrument penelitian berupa silabus, RPP, lembar observasi keterlaksanaan tindakan oleh guru dan siswa. catatan lapangan, lembar observasi aktivitas belajar siswa, kisi-kisi ulangan, lembar soal ulangan, dan lembar penilaian. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada peningkatan aktivitas siswa dalam pembelajaran dan hasil belajar siswa dengan menerapkan metode RQA dengan pendekatan scientific pada materi saling ketergantungan dalam ekosistem.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-02-04

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI