UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM MATERI KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP MELALUI METODE PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA SISWA KELAS VII-F UPTD SMP NEGERI 1 REJOTANGAN TULUNGAGUNG TAHUN PELAJARAN 2014/2015


Author (Penulis)

SRI WIDAYATI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.06.0090

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penerapan Kurikulum 2013 terutama pada mata pelajaran IPA yang masih berpusat pada guru sebagai pemberi pengetahuan bagi siswa dimana penyampaian materi pelajarannya cenderung masih didominasi dengan tehnik ceramah. Siswa kurang berperan aktif dalam proses pembelajaran untuk membangun dan menemukan sendiri melalui interaksi dengan lingkungannya, sehingga siswa hanya manghafalkan fakta-fakta dari buku dan bukan dari hasil menemukan serta membangun sendiri pengetahuannya. Hal inilah menjadi salah satu penyebab rendahnya hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPA khususnya pada materi Klasifikasi Tumbuh-tumbuhan. Dari hasil observasi pre test diperoleh hasil dari 24 siswa yang ada di kelas VII-F hanya 46% siswa saja yang tuntas dalam belajarnya. Dari hasil wawancara dengan beberapa orang siswa didapatkan informasi bahwa metode yang digunakan guru kurang bervariasi dan membosankan sehingga membuat siswa enggan atau malas untuk mengikuti pembelajaran. Permasalahan dalam penelitian ini adalah : Apakah metode Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi Klasifikasi Makhluk Hidup pada siswa kelas VII-F UPTD SMP Negeri 1 Rejotangan Tulungagung tahun pelajaran 2014/2015? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengumpulkan data tentang penerapan metode Problem Based Learning (PBL) pada mata pelajaran IPA materi Klasifikasi Makhluk Hidup pada siswa kelas VII-F UPTD SMP Negeri 1 Rejotangan Tulungagung tahun pelajaran 2014/2015 sebelum dan sesudah tindakan. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek penelitian adalah peserta didik kelas VII-F UPTD SMP Negeri 1 Rejotangan Kabupaten Tulungagung. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dengan menggunakan instrumen berupa lembar tes evaluasi, lembar observasi guru dan siswa. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah penerapan metode Problem Based Learning (PBL) mampu meningkatan hasil belajar IPA materi klasifikasi makhluk hidup pada siswa kelas VII-F UPTD SMP Negeri 1 Rejotangan Kabupaten Tulungagung tahun pelajaran 2014/2015. Hal ini dapat dilihat dari hasil analisis dan pengamatan terhadap aktivitas siswa dan tes evaluasi yang diberikan kepada siswa pada siklus I dan siklus II yang mengalami peningkatan. Pada siklus II indikator keberhasilan tindakan yang ditetapkan di awal penelitian telah tercapai sehingga hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini dapat diterima

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-09

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI