MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIP TIPE COOPERATIVE SCRIPT PADA KELAS XI KOMPETENSI KEAHLIAN AGRIBISNIS TANAMAN PANGAN DAN HORTIKULTURA SMK NEGERI 1 GONDANG KOMPETENSI DASAR KLASIFIKASI MAKLUK HIDUP


Author (Penulis)

NURUL BAHIYAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.06.0087

Abstract

Meningkatkan Hasil Balajar Biologi Melalui Model Pembelajaran kooperatip Tipe Cooperative Script Pada Kelas XI Kompetensi Keahlian Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura SMK Negeri 1 Gondang Nganjuk dengan Kompetensi Dasar Klasifikasi Makluk Hidup. Skripsi Program Studi Pendidikan Biologi FKIP UN PGRI Kediri. Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti bahwa pembelajaran mata pelajaran biologi di SMK Negeri 1 Gondang Nganjuk dengan menggunakan KTSP masih bersifat klasikal dan masih mengganggap guru sebagai sumber belajar. Sebagai akibat yang ditimbulkan dari pembelajaran yang dilakukan siswa cenderung pasif, malas dan bahkan tidak mempunyai ringkasan setelah pembelajaran selesai. Hal tersebut nampak dari motivasi belajar siswa yang rendah dan pada akhirnya nilai hasilpun juga rendah. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui tingkat efektifitas penggunaan model pembelajaran cooperative script melalui proses pembelajaran di kelas XI Kompetensi Keahlian Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura terhadap hasil belajar dan aktivitas siswa, khususnya pada mata pelajaran biologi. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian Tindakan Kelas sangat relevan untuk mengambil tindakan dalam rangka meningkatkan hasil dan proses pemebelajaran di kelas. Penelitian dilakukan 2 siklus diawali dengan test awal. Hasil penelitian membuktikan adanya peningkatan nilai Kriteria Ketuntasan ( KKM ) dari test awal 41.18%, menjadi 55.88% pada siklus ke satu dan 82.35% pada siklus ke dua. Nilai rata-rata kelas test awal 64.35 , 70.67 pada siklus pertama dan 75.05 pada siklus ke dua. Model pembelajaran Cooperative Script terbukti meningkatkan nilai hasil belajar dan aktivitas siswa dalam mempelajari mata pelajaran biologi kelas XI ATPH SMKN 1 Gondang Nganjuk, oleh karena itu model pembelajaran Cooperative Script dapat direkomendasikan untuk digunakan dalam pembelajaran mata pelajaran biologi.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-23

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI