UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN SISWA KELAS XI SEMESTER I DALAM MENGOPERASIKAN MIKROSKOP SEBAGAI SARANA PEMBELAJARAN SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA DENGAN MENGGUNAKAN METODE EKSPERIMENTAL
Author (Penulis)
MARTHININGTYAS D.R
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
13.1.01.06.0086
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa pembelajaran Biologi di SMK Kesehatan Bhakti Indonesia Medika Kediri siswa tidak terlibat aktif dan berani megajukan pertanyaan atau mengemukakan pendapat selama kegiatan pembelajaran. Hal ini terjadi karena suasana pembelajaran sering membuat siswa merasa jenuh. Sehingga mengakibatkan kemampuan belajar terhadap materi sistem peredaran darah manusia menjadi rendah. Salah satu upaya untuk mengatasi masalah tersebut adalah dibutuhkan metode pembelajaran eksperimental dengan media yang digunakan adalah mikroskop.
Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI Analis Kesehatan SMK Kesehatan Bhakti Indonesia Medika Kediri Jalan Ahmad Yani No.12 Kediri. Teknik pengumpulan data berupa lembar tes evaluasi untuk nilai hasil belajar, dan nilai keterampilan berupa lembar observasi siswa.
Simpulan dalam penelitian ini adalah : (1) Penerapan metode eksperimen dapat meningkatakan hasil belajar siswa kelas XI SMK Kesehatan Bhakti Indonesia Medika Kediri pada mata pelajaran biologi. (2) Penerapan metode eksperimen dapat meningkatakan keterampilan siswa kelas XI SMK Kesehatan Bhakti Indonesia Medika Kediri.