PENERAPAN STRATEGI BERMAIN JAWABAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI STRUKTUR DAN FUNGSI TUBUH TUMBUHAN PADA SISWA KELAS VIII B MTS MANBA’UL ULUM JATIREJO TAHUN PELAJARAN 2014/2015
Author (Penulis)
MA'RIFATUS SOBIAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
13.1.01.06.0085
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan karena dilatarbelakangi oleh kondisi siswa yang menunjuk sikap yang kurang berminat dan cenderung tidak aktif pada saat kegiatan pembelajaran berlangsung. Salah satu materi pelajaran yang di pelajari siswa di tingkat menengah khususnya siswa kelas VIII adalah materi struktur dan fungsi tubuh tumbuhan. Materi ini tergolong materi yang pembahasannya sangat banyak dan sulit. Hal ini menyebabkan siswa merasa kesulitan untuk memahami dan menghafal berbagai macam jaringan dan organ yang terdapat dalam materi struktur dan fungsi tubuh tumbuhan. Strategi pembelajaran yang digunakan dalam penelitian tindakan kelas ini adalah strategi bermain jawaban. Dalam strategi bermain jawaban ini semua siswa terlibat secara aktif dari awal sampai akhir pembelajaran. Strategi ini merupakan suatu permainan dimana siswa ditantang untuk mencari sendiri jawaban yang benar sedangkan guru mengajar dengan jawaban-jawaban yang ditemukan sendiri oleh siswa. Penelitian ini menggunakan model PTK Kemmis and Tagart. Dari hasil tes siswa untuk mengetahui peningkatan hasil belajar menunjukkan nilai rata-rata pada siklus I 60 dan siklus II 79,5. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatkan hasil belajar siswa pada materi yang dipelajari