PENERAPAN MODEL STAD DENGAN PERMAINAN KUIS MAKE A MATCH PADA MATERI SISTEM GERAK TUMBUHAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA
Author (Penulis)
DIANA FITRIAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
13.1.01.06.0084
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan karena dilatarbelakangi oleh kondisi siswa yang tidak mendukung terhadap kegiatan pembelajaran selama ini. Materi gerak tumbuhan yang selalu mendapatkan nilai rata-rata ulangan paling rendah diantara materi yang lain, kondisi siswa yang pasif terhadap pembelajaran, siswa kurang terbiasa melaksanakan diskusi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas VIII pada materi sistem gerak tumbuhan dengan menggunakan model STAD. Model pembelajaran kooperatif tipe STAD adalah model yang menekankan pada aktivitas dan interaksi siswa untuk saling memotivasi dan membantu dalam menguasai materi pelajaran untuk mencapai hasil yang maksimal melalui kerja tim atau kelompok. Sedangkan salah satu keunggulan tehnik kuis make a match adalah siswa mencari pasangan sambil belajar mengenai suatu konsep atau topik dalam suasana yang menyenangkan. Penelitian ini menggunakan model PTK Kemmis and Tagart. Indikator keberhasilan yang telah disepakati dengan kolaborator adalah nilai rata-rata77.Dari hasil penelitian menunjukkan peningkatan hasil belajar yaitu pada siklus I mencapai rata-rata 72 dan siklus II mencapai rata-rata 79. Sulitnya materi gerak tumbuhan bisa dipecahkan dengan diskusi, saling menerima pendapat teman dan memperdalam penguasaan konsep dengan permainan kuis make a match yang menyenangkan dan menantang.