MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE MATERI KLASIFIKASI MAHKLUK HIDUP PADA SISWA KELAS VII.11 SMPN 1 TANJUNGANOM KABUPATEN NGANJUK TAHUN PELAJARAN 2014 – 2015


Author (Penulis)

SRI UTAMI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.06.0078

Abstract

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE MATERI KLASIFIKASI MAHKLUK HIDUP PADA SISWA KELAS VII.11 SMPN 1 TANJUNGANOM KABUPATEN NGANJUK TAHUN PELAJARAN 2014 – 2015 SRI UTAMI NIM: 13.1.01.06.0078P FKIP / BIOLOGI sriu8763@gmail.com Dra. Dwi Ari Budiretnani, M.Pd. dan Dra. Budhi Utami, M.Pd UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI ABSTRAK Hasil belajar IPA rendah. Itulah permasalahan yang senantiasa dihadapi oleh siswa, guru dan orang tua siswa. Rendahnya hasil belajar dipengaruhi oleh beberapa faktor, antara lain faktor siswa, guru, model pembelajaran, buku ajar yang digunakan, kurikulum dan sebagainya. Salah satu faktor adalah penggunaan model pembelajaran yang tidak sesuai dengan situasi dan kondisi dari kelas yang dihadapi. Hal tersebut di atas terjadi pada siswa kelas VII.11 SMPN 1 Tanjunganom semester I tahun pelajaran 2014/2015. Penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar IPA. Penelitian menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek siswa kelas VII.11 SMPN 1 Tanjunganom Kabupaten Nganjuk dan dilaksanakan dengan dua siklus. Setiap siklus meliputi Perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, analisa data, refleksi, dan hasil tes siswa. Pelaksanaan dilakukan dua kali pertemuan yang dihadiri oleh 32 siswa, kolaborator dan guru. Data yang diperoleh dianalisis secara kuantitatif prosentase. Prosentase digunakan untuk menentukan ketuntasan belajar siswa. Dari hasil analisis didapatkan ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 69% dan pada siklus II ketuntasan belajar siswa sebesar 88% sehingga ada peningkatan prosentase ketuntasan belajar siswa. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas VII.11 SMPN 1 Tanjunganom Kabupaten Nganjuk materi klasifikasi mahkluk hidup. Dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan implikasi kepada semua guru untuk meningkatkan cara belajar siswa dengan menggunakan model kooperatif tipe think pair share. Kata Kunci: Hasil Belajar, Tipe Think Pair Share

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-25

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI