MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE MATERI KLASIFIKASI MAHKLUK HIDUP PADA SISWA KELAS VII.11 SMPN 1 TANJUNGANOM KABUPATEN NGANJUK TAHUN PELAJARAN 2014 – 2015
Author (Penulis)
SRI UTAMI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
13.1.01.06.0078
Abstract
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MELALUI
MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE MATERI KLASIFIKASI MAHKLUK HIDUP PADA SISWA
KELAS VII.11 SMPN 1 TANJUNGANOM KABUPATEN NGANJUK
TAHUN PELAJARAN 2014 – 2015
SRI UTAMI
NIM: 13.1.01.06.0078P
FKIP / BIOLOGI
sriu8763@gmail.com
Dra. Dwi Ari Budiretnani, M.Pd. dan Dra. Budhi Utami, M.Pd
UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI
ABSTRAK
Hasil belajar IPA rendah. Itulah permasalahan yang senantiasa dihadapi oleh siswa, guru dan orang tua siswa. Rendahnya hasil belajar dipengaruhi oleh beberapa faktor, antara lain faktor siswa, guru, model pembelajaran, buku ajar yang digunakan, kurikulum dan sebagainya. Salah satu faktor adalah penggunaan model pembelajaran yang tidak sesuai dengan situasi dan kondisi dari kelas yang dihadapi. Hal tersebut di atas terjadi pada siswa kelas VII.11 SMPN 1 Tanjunganom semester I tahun pelajaran 2014/2015.
Penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar IPA. Penelitian menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek siswa kelas VII.11 SMPN 1 Tanjunganom Kabupaten Nganjuk dan dilaksanakan dengan dua siklus. Setiap siklus meliputi Perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, analisa data, refleksi, dan hasil tes siswa. Pelaksanaan dilakukan dua kali pertemuan yang dihadiri oleh 32 siswa, kolaborator dan guru.
Data yang diperoleh dianalisis secara kuantitatif prosentase. Prosentase digunakan untuk menentukan ketuntasan belajar siswa. Dari hasil analisis didapatkan ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 69% dan pada siklus II ketuntasan belajar siswa sebesar 88% sehingga ada peningkatan prosentase ketuntasan belajar siswa.
Kesimpulan hasil penelitian ini adalah melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas VII.11 SMPN 1 Tanjunganom Kabupaten Nganjuk materi klasifikasi mahkluk hidup.
Dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan implikasi kepada semua guru untuk meningkatkan cara belajar siswa dengan menggunakan model kooperatif tipe think pair share.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Tipe Think Pair Share