MENINGKATKAN AKTIFITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII A MELALUI METODE OBSERVASI MENGGUNAKAN MEDIA WORD SQUARE PADA MATERI KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP DI SMP NEGERI 1 PUNCU


Author (Penulis)

MASRIPAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.06.0075

Abstract

Pembelajaran Biologi merupakan bagian dari sains yang menekankan pada pemberian pengalaman secara langsung. Selama ini siswa kesulitan mempelajari materi Klasifikasi Makhluk Hidup karena banyak menggunakan nama ilmiah dan pembelajaran yang bersifat abstrak dengan metode ceramah. Untuk membantu siswa dalam memahami materi, maka diterapkan pembelajaran dengan metode observasi dengan Media Word square. Penelitian ini didesain melalui Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar materi Klasifikasi Makhluk Hidup melalui penerapan metode observasi dengan Media Word square di kelas VII A SMP Negeri 1 Puncu. Subjek penelitian ini adalah kelas VII A SMP Negeri 1Puncu dengan jumlah siswa 35 oranG. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu: perencanaan (planning), pelaksanaan (acting), observasi (observing), dan refleksi (reflecting). Indikator keberhasilan penelitian ini adalah (1) peningkatan persentase siswa yang memperoleh nilai ?75 atau jumlah siswa yang belajar tuntas meningkat menjadi 85%, (2) ketuntasan keaktifan klasikal ?75%. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh data kenaikan prosentase pencapaian ketuntasan belajar klasikal pada siklus I 74,3% dan siklus II 85,7%, sedangkan keaktifan klasikal pada siklus I 62,85% dan siklus II 77,14%. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa melalui penerapan metode observasi dengan Media Word square pada materi Klasifikasi Makhluk Hidup dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas VII A. Sedangkan saran penelitian ini adalah hendaknya metode observasi dengan Media Word square perlu diterapkan pada materi-materi biologi yang lain karena metode observasi dengan Media Word square memudahkan siswa dalam memahami materi yang dipelajari.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-23

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI