Meningkakan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII 1 Menggunakan Model Pembelajaran Aktif (Active Learning) dengan Metode Eskperimen Pada Materi Perolehan Nutrisi Tumbuhan Hijau (Fotosintesis) di SMP Negeri Bandarkedungmulyo Kabupaten Jombang Tahun Pelajaran 2014-2015


Author (Penulis)

ISTIKHOMAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.06.0074

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi pada kenyataan bahwa sebagian besar siswa merasa kesulitan dalam mempelajari materi Perolehan Nutrisi Tumbuhan Hijau (Fotosintesis). Rendahnya hasil belajar IPA disebabkan karena kurangnya motivasi dan semangat belajar untuk menguasai materi. Guru juga merupakan penentu keberhasilan pembelajaran. Untuk meningkatkan keberhasilan siswa dalam mencapai kompetensi yang diharapkan perlu diterapkan metode yang lebih menuntut akativitas,kerjasama dan motivasi siswa. Dengan menerapkan model pembelajaran Aktif ( Active Learning) dengan Metode Eksperimen diharapkan mampu menumbuhkan semangat belajar siswa sehingga dapat meningkatkan hasil belajarnya. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan tambahan informasi dan pemikiran tentang salah satu dari sekian banyak metode pembelajaran yang dapat diterapkan untuk meningkatkan kompetensi siswa. Keberhasilan penerapan model,pemilihan media,strategi maupun pendekatan pembelajaran tentunya dipengaruhi oleh berbagai faktor. Namun penelitian ini setidaknya memberikan gambaran bagaimana seorang guru berusaha untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui proses pembelajaran yang berkualitas. Model pembelajaran Active Learning dengan Metode Eksperimen merupakan model pembelajaran yang dapat mengaktifkan siswa untuk ikut langsung terlibat dan mendapat kesempatan langsung dalam proses belajar. Permasalahan yang muncul dan berkembang dalam penelitian ini dirumuskan sebagai berikut : “Apakah pembelajaran Aktif (Active Learning) dengan Metode Eksperimen pada Materi Perolehan Nutrisi Tumbuhan Hijau dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa VIII.1 di SMP Negeri Bandarkedungmulyo Kabupaten Jombang?” Pada penelitian ini didapatkan ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 75,5% dan ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus II sebesar 87,5%, sehingga ada peningkatan prosentase ketuntasan hasil belajar siswa. Berdasarkan simpulan dari hasil penelitian ini bahwa 1) Tujuan utama digunakan pembelajaran Active Learning dengan Metode Eksperimen adalah untuk mendorong siswa berfikir dan bekerja atas inisiatif sendiri 2) Seorang guru harus sering membuat penelitian untuk mengetahui kelemahan dan kelebihan masing - masing dari berbagai model pembelajaran.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-25

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI