Peningkatan Prestasi Belajar Ekosistem Menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning pada Siswa Kelas VII B SMP Negeri 1 Perak Tahun Pelajaran 2014 - 2015


Author (Penulis)

AINUR ROKHMAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.06.0069

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi pada kenyataan bahwa sebagian besar siswa merasa kesulitan dalam mempelajari IPA pada materi Ekosistem. Hasil belajar IPA masih jauh dari harapan. Rendahnya hasil belajar IPA disebabkan karena kurangnya motivasi dan semangat belajar untuk menguasai materi. Guru juga merupakan penentu keberhasilan pembelajaran. Untuk meningkatkan keberhasilan siswa dalam mencapai kompetensi yang diharapkan perlu diterapkan metode yang lebih menuntut akativitas,kerjasama dan motivasi siswa. Dengan menerapkan model pembelajaran Discovery Learning diharapkan mampu menumbuhkan semangat belajar siswa. Model pembelajaran Discovery Learning Model merupakan salah satu tipe model pembelajaran pada kurikulum 2013. Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Materi Ekosistem Menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning Pada SiswaKelas VII B SMP Negeri 1 Perak Kabupaten Jombang Tahun Pelajaran 2014-2015. 2) Mengetahui Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Ekosistem Menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning Pada Siswa Kelas VII B SMP Negeri 1 Perak Kabupaten Jombang Tahun Pelajaran 2014-2015.Permasalahan yang muncul dan berkembang dalam penelitian ini dirumuskan sebagai berikut : 1) Bagaimana Penerapan Model Pembelajaran Discovery LearningTerhadap Prestasi Belajar SiswaKelas VII B SMP Negeri 1 Perak Kabupaten Jombang Tahun Pelajaran 2014-2015 Pada Materi Ekosistem ? dan 2) Bagaimana Prestasi Belajar Siswa Siswa Kelas VII B SMP Negeri 1 Perak Kabupaten Jombang Tahun Pelajaran 2014-2015Ekosistem Menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning Pada Materi Ekosistem ?. Pada penelitian ini didapatkan ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 37,5% dan ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus II sebesar 87,5%, sehingga ada peningkatan prosentase ketuntasan hasil belajar siswa. Berdasarkansimpulan dari hasil penelitian ini bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VII B SMP Negeri 1 Perak dalam mempelajari materi Ekosistem

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-09

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI