PENINGKATAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN PERILAKU BERKARAKTER SISWA KELAS VII-C SMP PAWYATAN DAHA 2 KEDIRI PADA MATERI ORGANISASI KEHIDUPAN MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI BERBASIS LESSON STUDY
Author (Penulis)
DIAN CHONITA SARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
13.1.01.06.0068
Abstract
ABSTRAK
Dari hasil observasi yang telah dilakukan pada siswa kelas VII-C SMP Pawyatan daha 2 Kediri menunjukkan bahwa keterampilan proses sains dan perilaku berkarakter pada diri siswa kurang diperhatikan, hal ini membuat siswa menjadi pasif yaitu banyak diam, banyak mencatat, sedikit mengajukan pertanyaan, minim dalam berpendapat dan kurang terampil dalam hal yang berhubungan dengan proses sains. Rendahnya keterampilan proses sains dan perilaku berkarakter tersebut dikarenakan cara mengajar guru yang kurang inovatif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan proses sains dan perilaku berkarakter siswa dengan menggunakan strategi pembelajaran inkuiri berbasis Lesson Study (LS). Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dua siklus. Metode pengumpulan data menggunakan LKS dan lembar observasi, sedangkan teknik analisis data menggunakan presentase. Hasil dari penelitian ini yaitu terjadi peningkatan nilai rata-rata keterampilan proses sains pada setiap siklusnya sebesar 34,4%, sedangkan perilaku berkarakter pada diri siswa terjadi peningkatan dari siklus 1 yang hanya ada dua kategori yaitu kategori sangat dan kategori rendah menjadi empat kategori pada siklus 2 yaitu kategori sangat rendah, rendah, sedang, dan tinggi.
Kata Kunci : Stretegi Inkuiri, Keterampilan Proses Sains, Perilaku Berkarakter