Upaya Peningkatan Berpikir Kritis dan Keaktifan Siswa dalam Materi Kepadatan Populasi dan Lingkungan Melalui Model Problem Based Learning pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Ngronggot Nganjuk
Author (Penulis)
KHOIRIN NADZIFAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
13.1.01.06.0063
Abstract
ABSTRAK- Berdasarkan pengamatan di SMP Negeri 3 Ngronggot Nganjuk menunjukkan bahwa siswa kurang aktif dalam KBM dan siswa belum diberdayakan untuk berpikir kritis dalam materi IPA.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan berpikir kritis dan keaktifan siswa dengan menggunakan model Problem Based Learning. Penelitian ini dilaksanakan mulai tanggal 27 april – 24 Mei 2017 pada kelas VII C, dengan jumlah peserta didik sebanyak 32 siswa yang terdiri dari 20 siswa laki – laki dan 12 siswa perempuan.
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dua siklus. Setiap siklus terdapat satu pertemuan yang meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Instrumen penelitian untuk mengukur keaktifan siswa dengan menggunakan lembar observasi dan berpikir kritis dengan menggunakan post tes yang dilakukan disetiap akhir siklus.Hasil dari penelitian ini yaitu terjadi peningkatan keaktifan siswa dari siklus satu ke siklus dua sebesar 9%. Untuk berpikir kritis siswa mengalami peningkatan dari prasiklus ke siklus 1 sebesar 16,38%, dari siklus 1 ke siuklus 2 juga mengalami peningkatan sebesar 22,11%.