Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis TAI (Team Assisted Individualization) pada Materi Sistem Gerak Kelas XI IPA MA Al Mahrusiyah Kota Kediri


Author (Penulis)

HERDIANA DAMAYANTI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.06.0061

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi hasil observasi proses pembelajaran biologi kelas XI IPA 2 MA Al-Mahrusiyah Kediri, bahwa dalam pembelajaran biologi kendala yang dihadapi adalah kurangnya sumber belajar. Buku paket BSE yang disediakan sangat terbatas dan LKS yang dibuat guru hanya berisi lembaran-lembaran soal. Materi sistem gerak dianggap sulit, karena banyak yang harus dipahami namun media yang ada belum membantu sepenuhnya. Selain itu, dalam penyebutan nama anggota gerak belum menggunakan nama latin. Keadaan tersebut dapat mempengaruhi penguasaan konsep siswa terhadap materi sistem gerak, sehingga nilai hasil belajar siswa menurun. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis TAI (Team Assisted- Individualization) pada materi sistem gerak kelas XI MA Al Mahrusiyah Kediri. (2) Untuk mengetahui perbandingan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis TAI (Team Assisted- Individualization) pada materi sistem gerak kelas XI MA Al-Mahrusiyah Kediri. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE, yaitu analyze, design, development, implementation dan evaluation. Draf LKS yang dihasilkan pada tahap development divalidasi oleh ahli materi, ahli bahasa, ahli media, ahli praktisi (guru) dan siswa. Uji coba dilakukan pada kelompok kecil berjumlah 10 orang siswa kelas XI IPA 2 MA Al-Mahrusiyah Kediri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKS secara umum valid (layak) dan efektif digunakan dalam pembelajaran Biologi. LKS dikatakan layak berdasarkan hasil validasi ahli materi dengan perolehan 81,6%, ahli bahasa dengan perolehan 95,22% , ahli media dengan perolehan 91,72%, ahli praktisi (guru) dengan perolehan 82,01% dan siswa dengan perolehan 82,23% yang merupakan kriteria cukup valid dan valid. Keefektifan LKS dapat dilihat dari sejauh mana siswa mengerjakan LKS dengan baik dan berdasarkan hasil belajar. Hasil tahap uji coba kelompok kecil menunjukkan bahwa siswa telah menyelesaikan LKS dengan baik. Hasil belajar siswa kelas XI IPA 2 MA Al-Mahrusiyah Kediri menunjukkan kenaikan nilai dibandingkan sebelum menggunakan LKS, kenaikan nilai berada di atas KKM 75. Peningkatan nilai saat menggunakan LKS berbasis TAI menunjukkan bahwa LKS efektif digunakan dalam pembelajaran biologi kelas XI IPA 2 MA Al-Mahrusiyah Kediri. Kata Kunci: LKS, Team Assisted Individualization (TAI)

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-24

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE

Vol. 01 No. 02 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI