PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN READING, QUESTIONING, AND ANSWERING (RQA) DIDUKUNG MEDIA VIDEO TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR IPA MATERI ORGANISASI KEHIDUPAN PADA SISWA KELAS VII SMPN 1 SEMEN, KABUPATEN KEDIRI


Author (Penulis)

EVA PUTRI LESTARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.06.0060

Abstract

PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN READING, QUESTIONING, AND ANSWERING (RQA) DIDUKUNG MEDIA VIDEO TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR IPA MATERI ORGANISASI KEHIDUPAN PADA SISWA KELAS VII SMPN 1 SEMEN, KABUPATEN KEDIRI Eva Putri Lestari 13.1.01.06.0060 FKIP – Pendidikan Biologi eputrilestari@gmail.com Dra. Dwi Ari Budiretnani, M. Pd. dan Mumun Nurmilawati, S. Pd., M. Pd. UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI ABSTRAK Berdasarkan keterangan guru SMPN 1 Semen, permasalahan yang dialami siswa kelas VII yaitu keaktifan dan hasil belajar siswa yang dinilai masih rendah dan memerlukan solusi yang tepat. Guru telah menggunakan model dan metode pembelajaran untuk mengatasi permasalahan tersebut namun belum cukup menunjukkan hasil optimal. Untuk mengatasi masalah tersebut, diterapkan strategi pembelajaran Reading, Questioning, and Answering (RQA) serta dipadukan dengan media video yang diharapkan dapat melatih siswa untuk berperan aktif dalam proses pembelajaran yang diikuti dengan meningkatnya hasil belajar. Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran RQA didukung media video terhadap keaktifan dan hasil belajar siswa kelas VII SMPN 1 Semen, Kabupaten Kediri pada materi Organisasi Kehidupan. Metode yang digunakan adalah Quasi Experiment dengan desain penelitian Post-test Only Control Group Design. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Sampel yang diperoleh yaitu kelas VII D (kelas eksperimen) dan kelas VII E (kelas kontrol). Pengumpulan data hasil belajar menggunakan soal post-test sebanyak 25 soal dan menggunakan lembar observasi untuk memperoleh data keaktifan. Teknik analisis data menggunakan Uji Independent Sample t-test. Analisis Uji-T data observasi keaktifan pada pertemuan 1, 2, dan 3 masing-masing diperoleh p sebesar 0,000 atau (p<0,05). Analisis Uji-T hasil belajar diperoleh p sebesar 0,000 atau (p<0,05), maka H0 ditolak, sehingga simpulan hasil penelitian ini adalah ada pengaruh penerapan strategi pembelajaran RQA didukung media video terhadap keaktifan dan hasil belajar siswa kelas VII SMPN 1 Semen, Kabupaten Kediri pada materi Organisasi Kehidupan. Berdasarkan simpulan hasil penelitian, direkomendasikan: (1) untuk guru, strategi RQA dan media video dapat dijadikan alternatif untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa. (2) Untuk penelitian yang selanjutnya, perlu dilakukan penelitian lanjutan terkait strategi pembelajaran RQA kaitannya dengan variabel lain dan pokok bahasan lain. KATA KUNCI : RQA, Video, Keaktifan, Hasil belajar.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2018-02-27

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE

Vol. 02 No. 01 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI