PENGGUNAAN METODE DEMONSTRASI DAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) UNTUK PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN PENILAIAN SIKAP MENGGUNAKAN MIKROSKOP KELAS VIIE SMP MUHAMMADIYAH KOTA KEDIRI


Author (Penulis)

SKOLASTIKA KURNIASARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.06.0058

Abstract

PENGGUNAAN PEMBELAJARAN TIPE GI (GROUP INVESTIGATION) DIPADU METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN SIKAP SISWA PADA MATERI MIKROSKOP KELAS VII-E SMP MUHAMMADIYAH KOTA KEDIRI Skolastika Kurniasari 13.1.01.06.0058 FKIP – Pendidikan Biologi Skolastikak22@gmail.com Budhi Utami dan Agus Muji Santoso UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI ABSTRAK Skolastika Kurniasari: Penggunaan Pembelajaran Tipe Gi (Group Investigation) Dipadu Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Sikap Pada Materi Mikroskop Kelas VII-E Smp Muhammadiyah Kota Kediri, Skripsi, Pendidikan Biologi, FKIP UN PGRI Kediri,2017. Pembelajaran pada materi mikroskop di SMP Muhamadiyah kota Kediri masih didominasi pembelajaran yang klasikal oleh guru. Akibatnya suasana kelas pasif dan membosankan.Hal tersebut nampak pada keaktifan siswa yang rendah selama pembelajaran dan lemahnya sikap siswa. Oleh karena itu, untuk mengatasi masalah tersebut diterapkan model pembelajaran tipe GI yang di padu dengan metode demonstrasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan dan sikap siswa dengan menggunakan metode demonstrasi dan model pembelajaran tipe GI. Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas (PTK) model Kemmis & Taggart dengan subyek penelitian siswa kelas VII-E SMP Muhammadiyah Kediri. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, menggunakan instrumen berupa RPP, lembar observasi keaktifan siswa dan lembar observasi penilaian sikap siswa.Hasil penelitian ini adalah keaktifan siswa pada siklus I dominan pada kategori rendah yaitu jumlah siswa 29 siswa, 4 siswa pada kategori sangat rendah, dari 33 siswa. Siklus II mengalami peningkatan, jumlah siswa dominan pada kategori sangat tinggi adalah 25 siswa, 8 siswa pada kategori tinggi dan sudah tidak tampak lagi siswa pada kategori rendah. Penilaian sikap siswa pada siklus 1 dominan pada kategori rendah yaitu sejumlah 33 siswa dari 33 siswa, siklus II mengalami peningkatan dimana siswa tidak lagi mendominasi kategori rendah, 1 siswa berada pada kategori rendah, dan 32 siswa berada pada kategori tinggi. Uji Gain (N-Gain) siklus I dan II keaktifan siswa termasuk kategori tinggi.Dan untuk sikap siswa termasuk kategori sedang. KATA KUNCI :Keaktifan, Penilaian Sikap, Demontrasi, Group Investigation

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-24

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE

Vol. 01 No. 03 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI