PENGGUNAAN METODE DEMONSTRASI DAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA DAN KETERAMPILAN PENGGUNAAN MIKROSKOP PADA MATERI MIKROSKOP KELAS VII-E SMP MUHAMMADIYAH KOTA KEDIRI


Author (Penulis)

AULIA GRANDIS ACHMADY
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.06.0057

Abstract

Telah dilaksanakan penelitian tindakan kelas di SMP Muhammadiyah Kota Kediri kelas VII-E sub materi mikroskop dengan model pembelajaran tipe GI yang dipadu dengan demonstrasi. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa dan keterampilan siswa dalam menggunakan mikroskop. Pengambilan data penelitian dilakukan dengan pelaksanaan dua siklus PTK yang terdiri atas empat pertemuan (n=33 siswa). Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada materi mikroskop yang disampaikan menggunakan model pembelajaran GI dipadu dengan demonstrasi mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Secara individu jumlah siswa yang tuntas pada siklus I sebanyak 20 siswa meningkat menjadi 30 siswa pada siklus II. Siswa yang tidak tuntas pada penilaian hasil belajar kognitif siklus I dan II diberikan tindakan remidi yang disesuaikan dengan materi pada siklus I dan II serta kesulitan yang dialami siswa. Secara klasikal tingkat ketuntasan siswa pada siklus I sebesar 61% meningkat menjadi 91% pada siklus II. Nilai keterampilan siswa berdasarkan aspek membawa mikroskop sebesar 100%, mempersiapkan mikroskop 100%, membuka diafragma 100%, mengatur posisi cermin 100%, menyiapkan sampel pengamatan 100%, meletakkan sampel pengamatan pada meja benda 100%, mendapatkan fokus perbesaraan rendah 100%, memperjelas objek dengan pemutar halus 85%, mendapatkan fokus perbesaran kuat 42%, dan melakukan pengamatan tanpa menyebabkan lensa objektif menyentuh preparat menunjukkan hasil sebesar 100%. Keterampilan siswa menggunakan mikroskop pada aspek penggunaan lensa perbesaran kuat masih menunjukkan hasil yang kurang baik. Siswa yang tidak bisa pada aspek tersebut diberikan remidi berupa pemberian materi dan praktikum tentang menggunakan mikroskop. Rata-rata keterampilan siswa dalam menggunakan mikroskop meningkat dari 60,2% menjadi 93%

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-23

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE

Vol. 01 No. 05 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI