PENINGKATAN HASIL BELAJAR DAN LITERASI SAINS MATERI PENGARUH KEPADATAN POPULASI TERHADAP LINGKUNGAN MENGGUNAKAN MODEL DISCOVERY LEARNING PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 NGRONGGOT


Author (Penulis)

SRI RATNA DEWI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.06.0056

Abstract

ABSTRAK Hasil belajar dan kemampuan literasi sains merupakan dua variabel yang saling berkaitan didalam proses pembelajaran khususnya dalam pembelajaran IPA. Nilai hasil belajar siswa yang rendah menunjukkan bahwa proses pembelajaran sains di sekolah kurang melatih kemampuan literasi sains siswa. Kedua variabel tersebut akan berjalan dengan baik apabila didukung oleh model pembelajaran yang baik dan sesuai dengan materi sains. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dan kemampuan literasi sains siswa melalui model discovery learning di kelas VII-1 SMP Negeri 3 Ngronggot. Teknik penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan model Kemmis dan Mc Taggart yang terdiri dari dua siklus, setiap sikus terdiri dari 4 tahap, yaitu: rencana tindakan, pengamatan, refleksi. Tes hasil belajar dan literasi sains diukur menggunakan soal essay. Soal literasi sains dibuat berdasarkan indikator yang dikembangkan oleh Gormaly,2012. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa berdasarkan KKM meningkat sebesar32,26%.Sedangkan kemampuan literasi sains siswa dari siklus I ke siklus II pada enam dari tujuh indikator meningkat yakni : mengidentifikasi pendapat ilmiah yang dari 0% menjadi 64,52%, melakukan penelusuran literatur yang efektif dari 0% menjadi 29,03%, memahami desain penelitian dan bagaimana dampaknya terhadap temuan/kesimpulan dari 14,29% menjadi 19,35%, membuat grafik secara tepat dari data dari 0% menjadi 58,07%, memecahkan masalah menggunakan keterampilan kuantitatif termasuk staistik dasar dari 7,14% menjadi 58,07% untuk melakukan inferensi, prediksi, dan penarikan kesimpulan berdasarkan data kuantitatif kenaikan terjadi hanya pada jawaban setengah benar dengan skore 1 dari 7,14% menjadi 77,42%. Sedangkan untuk indikator memahami dan menginterpretasikan statistik dasar mengalami penurunan dari 21,43% menjadi 12,90%. Kata Kunci : Discovery Learning, Hasil Belajar dan Literasi Sains.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-23

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE

Vol. 01 No. 02 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI