PENGARUH PENGGUNAAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS INQUIRY DAN LOCAL MATERIAL MATERI POKOK SISTEM KOORDINASI TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN INKUIRI SISWA KELAS XI IPA MA AL MAHRUSIYAH KOTA KEDIRI
Author (Penulis)
RERE AGNES PENJELITA
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
13.1.01.06.0054
Abstract
ABSTRAK
Hasil observasi proses pembelajaran biologi kelas X1 IPA MA Al Mahrusiyah Kota Kediri. Kendala yang dihadapi pada pembelajaran Biologi di kelas XI IPA adalah belum adanya bahan ajar yang relevan, pemberdayaan inkuiri yang rendah, masih terbatasnya sarana pendukung praktikum dan pembelajaran biologi masih dilaksanakan secara konvensional. Akibatnya siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran, sebagian siswa terlihat tidak memperhatikan penjelasan guru dan mengobrol dengan temannya. Keadaan ini dapat mempengaruhi tingkat pemahaman siswa terhadap materi ajar. Oleh karena itu perlu dikembangkan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Inquiry dan Local Material Materi Pokok Sistem Koordinasi Terhadap Hasil Belajar Dan Keterampilan Inkuiri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh penggunaan LKS berbasis inquiry dan local material materi sistem koordinasi terhadap hasil belajar dan keterampilan inkuiri siswa kelas XI IPA MA Al Mahrusiyah kota Kediri. Penelitian ini menggunakan desain penelitian eksperimen semu (Quasy Experimental Design-Nonequivalent Control Group Design). Pada kelas eksperimen diterapkan LKS berbasis inquiry dan local material, sedangkan pada kelas kontrol diterapkan pembelajaran langsung (Direct Instruction) dengan LKS yang digunakan oleh sekolah tersebut. Subjek penelitian ini adalah kelas XI IPA 1 sebagai kelas kontrol dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen. Instrumen penelitian Lembar tes soal untuk mengetahui hasil belajar siswa dan Lembar Observasi Keterampilan Inkuiri. Analisis data menggunakan uji normalitas dengan uji Kolmogorov-Smirnov dengan taraf signifikan 0,05 kemudian menguji homogenitas dua varians dengan Levene test. Selanjutnya uji hipotesis menggunakan Uji ANCOVA dengan menggunakan program SPSS16.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar nilai sig sebesar 0,040 < 0,05. Pada keterampilan proses pertemuan 2 dan 3 masing-masing nilai sig sebesar 0,000 dan 0,033 < 0,05. Pada keterampilan produk pertemuan 2 dan 3 masing-masing nilai sig sebesar 0,000 dan 0,011 < 0,05. Sehingga ada pengaruh penggunaan LKS berbasis inquiry dan local material pada materi sistem koordinasi terhadap hasil belajar dan keterampilan inkuiri siswa kelas XI IPA MA Al Mahrusiyah kota Kediri.
Kata kunci: LKS berbasis Inquiry dan local material, Hasil Belajar, Keterampilan Inkuiri, Sistem Koordinasi