Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Inkuiri Terbimbing Materi Gerak Pada Tumbuhan Kelas VIII SMP Negeri 1 Prambon
Author (Penulis)
APRILIA ROSYIDA ROHMAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
13.1.01.06.0052
Abstract
ABSTRAK
Hasil observasi pada proses pembelajaran IPA yang berlangsung di SMPN 1 Prambon, memperoleh fakta bahwa kegiatan pembelajaran berfokus pada LKS, guru biologi masih terbiasa pada kebiasaan mengajarnya dengan menggunakan metode ceramah, meminta siswa mengerjakan soal-soal latihan yang terdapat dalam LKS yang digunakan dalam mengajar dan kemudian membahasnya bersama siswa. Rata-rata gaya mengajar guru biologi tidak dipahami oleh siswa. Hal inilah yang membuat siswa monoton menggali materi, kurang mendapat pengalaman langsung, belum mampu menemukan konsep sendiri. Sebagai upaya untuk memenuhi kebutuhan siswa dalam memahami materi gerak pada tumbuhan maka dikembangkan LKS gerak pada tumbuhan berbasis inkuiri terbimbing. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan LKS berbasis inkuiri terbimbing materi gerak pada tumbuhan, serta mengetahui kelayakan dan respon siswa terhadap LKS yang dikembangkan.Metode pengembangan LKS menggunakan model ADDIE, dengan uji coba skala kecil. Subjek penelitian adalah 10 siswa kelas VIII-5 di SMP Negeri 1 Prambon. Penelitian dilaksanakan dalam tiga tahap, yaitu analysis (analisis), design (desain), dan development (pengembangan). Instrumen penelitian menggunakan metode wawancara, angket dan tes. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dan kuantitatif.Hasil penelitian ini menujukkan nilai validasi ahli materi dan bahasa yaitu 96%. Sedangkan validator ahli media memberi nilai sebesar 90,3%. Hasil belajar siswa setelah menggunakan LKS berbasis inkuiri terbimbing menujukkan peningkatan hasil pada empat kategori penilaian: A dari 0 menjadi 3 anak, kategori B dari 0 menjadi 6 anak. Kategori C mengalami penurunan jumlah dari 4 anak menjadi satu anak, sedangkan kategori D dari 6 anak menjadi tidak ada sama sekali. Tanggapan siswa dan guru terhadap LKS sebesar 84,2% dan 90,3% dengan kriteria sangat layak digunakan oleh siswa.
KATA KUNCI : Lembar kerja Siswa (LKS), Inkuiri Terbimbing, Gerak pada Tumbuhan