PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN INTERAKSI SOSIAL SISWA DAN KETERAMPILAN PROSES PADA SISWA KELAS VIII SMPN 2 PAPAR
Author (Penulis)
IRA MURYATI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
13.1.01.06.0041
Abstract
ABSTRAK
Kondisi belajar di SMPN 2 Papar belum efektif. Ketika proses pembelajaran sedang berlangsung ada siswa yang tidak mendengarkan guru. Hal ini disebabkan oleh materi yang terlalu banyak dan belum bisa mempraktikkan, sehingga keterampilan proses dan interaksi sosial siswa rendah. Oleh karena itu perlu perbaikan proses pembelajaran dengan menggunakan strategi pembelajaran inkuiri terbimbing. Diharapkan dengan perbaikan pembelajaran keterampilan proses dan interaksi sosial siswa meningkat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan keterampilan proses dan interaksi sosial pada siswa dengan menggunakan strategi pembelajaran inkuiri terbimbing. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian tindakan Kelas (PTK) model Kemmis & McTaggart dengan subyek penelitian siswa kelas VIII-H SMPN 2 Papar. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus. Instrumen data yang digunakan yaitu lembar observasi keterampilan proses dan interaksi sosial siswa. Data dianalisis menggunakan teknik persentase. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa penerapan strategi inkuiri terbimbing dapat meningkatkan interaksi sosial siswa dan keterampilan proses siswa SMPN 2 Papar. Hasil dari pelaksanaan penelitian menunjukkan bahwa nilai dari setiap aspek pada interaksi sosial dan keterampilan proses pada siklus dua lebih baik dibandingkan dengan siklus satu. Diharapkan strategi pembelajaran inkuiri terbimbing dapat digunakan dalam menyampaikan pelajaran di sekolah untuk memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan keterampilan proses siswa.
KATA KUNCI : Strategi Pembelajaran Inkuiri Terbimbing, Interaksi Sosial Siswa, Keterampilan Proses Siswa.