PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DIDUKUNG MEDIA VIDEO PADA MATERI STRUKTUR DAN FUNGSI JARINGAN TUMBUHAN KELAS VIII-A MTS SUNAN MURIA KABUPATEN KEDIRI


Author (Penulis)

APRILIA DITA PUSPITA SARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.06.0038

Abstract

Abstrak-Penelitian tindakan kelas ini dilakukan pada tanggal 12-15 Desember 2018 yang dilaksanakan di MTs Sunan Muria Kabupaten Kediri dengan jumlah siswa sebanyak 34 siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa dengan menggunakan strategi pembelaran inkuiri terbimbing dengan dipadu oleh media video. Metode Penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dua siklus PTK. Setiap siklus terdiri atas dua pertemuan meliputi kegiatan perencanaan, perlakuan dan pengamatan serta refleksi. Metode pengumpulan data menggunakan lembar observai dan angket, sedangkan teknik analisis data menggunakan teknik analisis data kuantitatif dan kualitatif. Strategi pembelajaran inkuiri terbimbing dapat meningkatkan keaktifan siswa dari siklus 1 dengan rata-rata 10,29 meningkat pada siklus 2 dengan rata-rata  12,35 keaktifan siswa mengalami peningkatan sejumlah 2,06. Strategi pembelajaran inkuiri terbimbing dapat meningkatkan hasil belajar siswa hal tersebut terbukti dari hasil rata-rata hasil belajar siswa dari siklus 1 sejumlah 59,12 sedangkan pada siklus 2 sejumlah 78,52 hasil belajar siswa mengalami peningkatan sejumlah 19,4. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah (1) Penggunaan Strategi Pembelajaran Inkuiri didukung dengan media video dapat meningkatkan keaktifan siswa. (2) Penggunaan Strategi Pembelajaran Inkuiri didukung dengan media video dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

 

Kata kunci: Inkuiri terbimbing, penelitian tindakan kelas, keaktifan, hasil belajar, video

 


Keyword

Inkuiri terbimbing, video, jaringan tumbuhan

Reference

Arikunto, Suharsimi; Suhardjono; Supardi. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Bumi Aksara. Jakarta.

Dewantara, Ki Hadjar, Karya Bagian I: Pendidikan, Yogyakarta: MLPTS, 2004

Kuhlthau,C C, Maniotes L.K. and Caspari AK. (2012). Guided Inquiry: Learning in The 21st Century School.  USA: Libraries Unlimited. Inc Khan (2011:175).

Meidawati, Y. (2014). Pengaruh Pendekatan Inkuiri Terbimbing terhadap Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP. Jurnal Pendidikan dan Keguruan, 1(2), 2356-3915

Muchindasari, Dwi. 2016. Penerapan Pembelajaran Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar IPA pada Siswa Kelas VIII B SMPN 4 Madiun. Jurnal Edukasi Matematika dan sains, 4(1):19-25.

Sambora. 2015. Penggunaan Media Audio Visual Bentuk Video untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sosiologi X IPS 2 SMA Batik 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2015/2016. Universitas Sebelas Maret. Surakarta

Wibowo, Nugroho. 2016. Upaya Peningkatan Keaktifan Siswa Melalui  Pembelajaran Berdasarkan Gaya Belajar Di Smk Negeri 1 Saptosari. Jurnal Electronics, Informatics, and Vocational Education (ELINVO), Volume 1, Nomor 2,  Mei 2016


PUBLISHED

2019-02-15

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE

Vol. 03 No. 03 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade