PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING MATERI EKOSISTEM UNTUK SISWA KELAS VII DI SMPN 1 KAYEN KIDUL
Author (Penulis)
EKA DIA AYU WULANDARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
13.1.01.06.0031
Abstract
ABSTRAK
Proses pembelajaran pada prinsipnya sangat tergantung pada guru dan interaksi siswa dalam
proses pembelajaran. Hasil observasi di SMPN 1 Kayen Kidul menunjukkan bahwa minat belajar
siswa pada materi ekosistem rendah, karena siswa sulit memahami materi. Kesulitan yang di alami
yaitu pada saat siswa melakukan pengamatan di lingkungan sekitar, guru belum menyediakan
buku panduan khusus yang digunakan untuk pengamatan.bahan ajar yang digunakan yaitu buku
paket IPA Terpadu. Lokasi sekolah yang dapat digunakan untuk pengamatan dekat dengan
sawah,kebun,taman.oleh karena itu akan dilakukannya pengembangan modul yang berbasis Problem
Based Learning pada materi ekosistem untuk siswa kelas VII SMPN 1 Kayen Kidul.
Peneltian ini bertujuan untuk : 1) mengetahui cara mengembangkan modul berbasis Problem
Based Learning pada materi ekosistem di SMPN 1 Kayen Kidul 2) mengetahui kelayakan modul
berbasis Problem Based Learning pada materi ekosistem di SMPN 1 Kayen Kidul. Penelitian ini
dilakukan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yaitu Analyse, Design,
Development,Implementatio,evaluation. Pada penelitian ini di batasi sampai tahap Development.
Instrumen yang digunakan yaitu berupa kriteria penilaian untuk mengetahui kelayakan modul
pembelajaran. Analisis data yang dilakukan yaitu mengumpulkan data kuantitatif dan kualitatif dari
ahli materi,bahasa dan media serta guru dan peserta didik kelas VII.
Berdasarkan hasil validasi ahli materi dan bahasa diperoleh hasil 78,8% sedangkan media
yaitu 96,8% dengan demikian produk yang dikembangkan dinyatakan sangat layak untuk digunakan.
Setelah itu produk diujicobakan kesiswa untuk mengetahui respon siswa dan guru terhadap modul
pada skala terbatas yaitu 5 orang. Respon guru diperoleh persentase 75%, respon siswa diperoleh
persentase 85% dengan demikian modul yang dikembangkan sangat menarik dan layak untuk
digunakan dalam proses pembelajaran.
KATA KUNCI : Modul Pembelajaran, Problem Based Learning.