PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING MATERI EKOSISTEM UNTUK SISWA KELAS VII DI SMPN 1 KAYEN KIDUL


Author (Penulis)

EKA DIA AYU WULANDARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.06.0031

Abstract

ABSTRAK Proses pembelajaran pada prinsipnya sangat tergantung pada guru dan interaksi siswa dalam proses pembelajaran. Hasil observasi di SMPN 1 Kayen Kidul menunjukkan bahwa minat belajar siswa pada materi ekosistem rendah, karena siswa sulit memahami materi. Kesulitan yang di alami yaitu pada saat siswa melakukan pengamatan di lingkungan sekitar, guru belum menyediakan buku panduan khusus yang digunakan untuk pengamatan.bahan ajar yang digunakan yaitu buku paket IPA Terpadu. Lokasi sekolah yang dapat digunakan untuk pengamatan dekat dengan sawah,kebun,taman.oleh karena itu akan dilakukannya pengembangan modul yang berbasis Problem Based Learning pada materi ekosistem untuk siswa kelas VII SMPN 1 Kayen Kidul. Peneltian ini bertujuan untuk : 1) mengetahui cara mengembangkan modul berbasis Problem Based Learning pada materi ekosistem di SMPN 1 Kayen Kidul 2) mengetahui kelayakan modul berbasis Problem Based Learning pada materi ekosistem di SMPN 1 Kayen Kidul. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yaitu Analyse, Design, Development,Implementatio,evaluation. Pada penelitian ini di batasi sampai tahap Development. Instrumen yang digunakan yaitu berupa kriteria penilaian untuk mengetahui kelayakan modul pembelajaran. Analisis data yang dilakukan yaitu mengumpulkan data kuantitatif dan kualitatif dari ahli materi,bahasa dan media serta guru dan peserta didik kelas VII. Berdasarkan hasil validasi ahli materi dan bahasa diperoleh hasil 78,8% sedangkan media yaitu 96,8% dengan demikian produk yang dikembangkan dinyatakan sangat layak untuk digunakan. Setelah itu produk diujicobakan kesiswa untuk mengetahui respon siswa dan guru terhadap modul pada skala terbatas yaitu 5 orang. Respon guru diperoleh persentase 75%, respon siswa diperoleh persentase 85% dengan demikian modul yang dikembangkan sangat menarik dan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran. KATA KUNCI : Modul Pembelajaran, Problem Based Learning.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-23

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE

Vol. 01 No. 12 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI