PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DIDUKUNG MEDIA VIDEO PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA KELAS VIII B MTs SUNAN MURIA KABUPATEN KEDIRI


Author (Penulis)

FERA AYU KURNIAWATI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.06.0028

Abstract

Abstrak – Hasil observasi dan wawancara dari guru MTs Sunan Muria Kabupaten Kediri didapatkan bahwa guru menyampaikan materi dengan ceramah, guru belum pernah menggunakan strategi pembelajaran yang terstruktur. Akibatnya siswa kurang semangat dalam proses pembelajaran, siswa cenderung pasif dan kurang termotivasi untuk belajar yang mengakibatkan motivasi serta hasil belajar siswa rendah sehingga perlu perbaikan proses pembelajaran dengan penerapan strategi pembelajaran inkuiri terbimbing. Diharapkan dengan adanya perbaikan pembelajaran motivasi dan hasil belajar siswa meningkat.

Penelitian ini termasuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis dan Mc. Taggart sebanyak 2 siklus dengan subyek penelitian siswa kelas VIII-B MTs Sunan Muria Kabupaten Kediri. Setiap siklus terdiri atas dua pertemuan meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan dan pengamatan, refleksi. Data motivasi belajar diperoleh dari  angket yang diisi oleh siswa setiap akhir siklus sedangkan data hasil belajar diperoleh dari hasil post yang sudah dilakukan oleh siswa. Data dianalisis menggunakan teknik rata-rata.

Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa strategi pembelajaran inkuiri terbimbing dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Rata-rata motivasi belajar siswa siklus I sebesar 42,125 dan siklus II mengalami peningkatan yaitu sebesar 30,125, sehingga rata-rata siklus II menjadi 72,75. Hasil belajar mengalami peningkatan, hasil rata-rata pada siklus I sebesar.

 

Kata kunci: inkuiri terbimbing, penelitian tindakan kelas, motivasi, hasil belajar, video.


Keyword

Inkuiri Terbimbing, Video, Sistem Pencernaan Manusia

Reference

Achrudin, Sajidan, dan Meti Indrowati. 2013. Peningkatan Aktivitas Sosial Siswa dalam Pembelajaran Biologi melalui Penerapan Model Pembelajaran STAD Disertai Video Di Kelas VII SMP Negeri 1 Jaten. Jurnal Pendidikan Biologi, 5 (1) : 96-103.

Arikunto, S. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Rineka Cipta

Haerullah, A. dan Usman, F.H. 2013. Pengaruh Penerapan Model Reading, Questioning, And Answering (RQA) Terhadap Pengetahuan Metakognitif

Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 2 Kota Ternate. Jurnal Bioedukasi, 2 (1) : 180 – 184.

Halek, dkk. 2016. Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Inkuiri Pada Siswa SMA. Jurnal Pendidikan; Teori, Penelitian dan Pengembangan. Volume I, Nomor 10.

Hamalik. 2013. Proses Belajar Mengajar. Bumi Aksara. Hal. 158-167

Kuhlthau, C.2012.Guided Inquiry. British: Libraries Unlimited.p. 17-19

Pulungan. 2017. Penerapan Strategi Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Materi Pesawat Sederhana di Kelas V Min Belawan Kecamatan Medan Belawan 2016/2017. Skripsi.  Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.


 

 

 


PUBLISHED

2019-02-15

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE

Vol. 03 No. 03 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade